SINUHAJI, MELI TIPANI (2018) PENGARUH KEGIATAN MENGANYAM TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ASSISI MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143313017_COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM. 1143313017_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
3. NIM. 1143313017_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
4. NIM. 1143313017_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
5. NIM. 1143313017_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
6. NIM. 1143313017_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
7. NIM. 1143313017_BAB I.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
11. NIM. 1143313017_BAB V.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
12. NIM. 1143313017_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai pengaruh kegiatan menganyam terhadap kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK ASSISI Medan T.A 2017/2018. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menganyam di Tk Assisi Medan T.A 2017/2018. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian true exprimental design dalam bentuk postest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak TK B di TK ASSISI Medan yang berjumlah 144 anak. Penentuan sampel kelas dilakukan secara acak (random) kelas B4 dijadikan kelas kontrol berjumlah 29 orang anak dan kelas B1 dijadikan kelas eksprimen berjumlah 29 orang. Variabel bebas adalah kegiatan menganyam sedangkan variabel terikat adalah kemampuan motorik halus. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi. Instrumen penelitian berupa panduan observasi berbentuk kisi-kisi instrumen yang berisi daftar jenis kegiatan atau perilaku yang timbul yang akan diamati. Analisis data statistik yang digunakan ialah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil analisis deskriptif menunjukan kegiatan menganyam lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Rata-rata pada kelas eksprimen adalah 2,6 dengan kategori baik dan rata – rata pada kelas kontrol 2,1 dengan kategori cukup. Berdasarkan hasil data tersebut menyatakan bahwa data berdistribusi normal dan mempunyai varians yang sama atau homogen terpenuhi untuk kedua kelompok data. Hasil uji hipotesis dengan α = 0,05 dan dk = 56 diketahui t_(hitung )= 7,58 > t_tabel= 1,694 artinya hipotesis diterima. Dengan demikian maka dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara kegiatan menganyam terhadap kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK ASSISI MEDAN T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PAUD 064 |
Keywords: | Menganyam; motorik; halus |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 15:48 |
Last Modified: | 20 Feb 2020 03:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34208 |