SILABAN, YUSPA LESTARI (2018) PENGARUH PERMAINAN LEGO TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ST. ANTONIUS 2 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 1143113036 YUSPA LESTARI SILABAN - COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
02 NIM 1143113036 YUSPA LESTARI SILABAN - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
03 NIM 1143113036 YUSPA LESTARI SILABAN - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
04 NIM 1143113036 YUSPA LESTARI SILABAN - PREFACE.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
05 NIM 1143113036 YUSPA LESTARI SILABAN - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
06 NIM 1143113036 YUSPA LESTARI SILABAN - TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
07 NIM 1143113036 YUSPA LESTARI SILABAN - ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
08 NIM 1143113036 YUSPA LESTARI SILABAN - APPENDICES.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
09 NIM 1143113036 YUSPA LESTARI SILABAN - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
13 NIM 1143113036 YUSPA LESTARI SILABAN - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
14 NIM 1143113036 YUSPA LESTARI SILABAN - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kreativitas anak masih kurang
berkembang dengan cukup baik, pembelajaran masih menekankan pada
kemampuan akademik, dan guru kurang melibatkan permainan atau kegiatan
bermain sebagai metode belajar bagi anak untuk meningkatkan kreativitas anak.
Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan
lego terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK St. Antonius 2 Mandala
Medan T.A 2017/2018.
Penelitian ini mengggunakan pendekatan kuantitatif . Desain dalam
penelitian ini Pre-Eksperimental Design, dengan bentuk One-Group Pretestposttest
Design. Teknik peggambilan sampel dilakukan dengan cara random
sampling, yaitu dengan memilih sampel dengan cara acak, kelas yang terpilih B3
sebagai kelas eksperimen sebanyak 20 anak. Variabel bebas adalah Kreativitas
anak dan variabel terikat adalah permainan lego. Instrumen pengumpulan data
adalah pedoman observasi. Data dianalisis dengan menggunakan metode statistik
deskriptif dan uji hipotesis dengan uji-t, dilanjutkan dengan uji signifikan pada
taraf α = 0.05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas anak meningkat, setelah
diberikan permainan lego. Dari hasil penelitian diketahui bahwa skor tertinggi
pada data pretest yaitu 11, sedangkan post-test 12. Rata-rata pretest yaitu 5,45
untuk data post-test yaitu 8,4. Hasil pengujian menyimpulkan bahwa permainan
lego memberi pengaruh yang signifikan terhadap kreativitas anak yaitu dari hasil
uji hipotesis diperoleh Thitung = 21,07 > Ttabel= 2.093. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan permaian lego terhadap
kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK St. Antonius 2 Mandala Medan. Tahun
Ajaran 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PAUD 067 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 15:41 |
Last Modified: | 19 Feb 2020 08:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34196 |