RAMBE, MIFTAHUL ZANNAH (2018) PENGARUH MERODE BERCAKAP-CAKAP TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK A PLUS AN-NIZAM T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 1143113022 Miftahul Zannah Rambe - COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
02 NIM 1143113022 Miftahul Zannah Rambe - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
03NIM 1143113022 Miftahul Zannah Rambe - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
04 NIM 1143113022 Miftahul Zannah Rambe - PREFACE.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
05 NIM 1143113022 Miftahul Zannah Rambe - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
06 NIM 1143113022 Miftahul Zannah Rambe - TABLES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
07 NIM 1143113022 Miftahul Zannah Rambe - ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
08 NIM 1143113022 Miftahul Zannah Rambe - APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
09 NIM 1143113022 Miftahul Zannah Rambe - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
13 NIM 1143113022 Miftahul Zannah Rambe - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
14 NIM 1143113022 Miftahul Zannah Rambe - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Dalam penelitian ini yang menjadi masalah adalah keterampilan berbicara
anak belum berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh metode bercakap-cakap terhadap keterampilan berbicara
anak usia 5-6 tahun di TKA Plus An-Nizam Tahun ajaran 2017/2018.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif (eksperimen) dengan desain
Pre-Eksperimental Design, dengan bentuk one group pretest posttest design.
Populasi penelitian ini adalah seluruh anak usia 5-6 tahun di TKA Plus Annizam.
Penelitian ini menggunakan 1 kelas eksperimen dengan membandingkan metode
bercakap-cakap sebelum diberikan treatmen dengan sebelum diberikan
treatment.Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Simple Random
Sampling. Dengan sampel diambil sebanyak 20 orang anak. Variable bebas adalah
metode bercakap-cakap dan variable terikat adalah keterampilan berbicara
instrument pengumpulan data pedoman observasi terstruktur. Analisis data
menggunakan uji menggunakan uji-t dengan tarafnya taα = 0,05.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pada kelas
eksperimen tahap pretest dengan nilai rata-rata 6,5 sedangkan kelas eksperimen
tahap post test dengan nilai rata-rata 10,1. Dari hasil perhitungan uji hipotesis
diperoleh t hitung>t tabel, yaitu 36 >2,093 dengan taraf α = 0,05. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode bercakap-cakap memberi
pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun di
TKA Plus An-Nizam 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PAUD 069 |
Keywords: | METODE BERCAKAP-CAKAP, KETERAMPILAN BERBICARA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 15:30 |
Last Modified: | 05 Feb 2020 03:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34179 |