ZAHARA, SITI (2018) PENGARUH PERMAINAN ESTAFET MODIFIKASI TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK A DI TK DIAN EKAWATI KOMPLEK TVRI T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 1141113028 SITI ZAHARA - COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
02 NIM 1141113028 SITI ZAHARA - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
03 NIM 1141113028 SITI ZAHARA - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
04 NIM 1141113028 SITI ZAHARA - PREFACE.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
05 NIM 1141113028 SITI ZAHARA - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
06 NIM 1141113028 SITI ZAHARA - TABLES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
07 NIM 1141113028 SITI ZAHARA - ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
08 NIM 1141113028 SITI ZAHARA - APPENDICES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
09 NIM 1141113028 SITI ZAHARA - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
13 NIM 1141113028 SITI ZAHARA - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
14 NIM 1141113028 SITI ZAHARA - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih kurang berkembangnya motorik kasar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan estafet modifikasi terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di TK Dian Ekawati T.A.2017/2018.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan bentuk the equivalent time samples design. Variabel bebas adalah permainan estafet
modifikasi dan variabel terikat adalah perkembangan motorik kasar. instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata anak dari kelas yang diberi perlakuan pertama dengan menggunakan permainan estafet modifikasi mendapat nilai 1,74 dan kelas yang tidak mendapat perlakuan mendapat nilai 1,69 Sedangkan nilai rata-rata dari kelas yang diberi perlakuan kedua mendapat nilai 2,38, dan kelas yang tidak mendapat perlakuan mendapat nilai 2,13. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan yang
signifikan antara penggunaan permainan estafet modifikasi terhadap perkembangan motorik kasar anak dibanding dengan tidak menggunakan permainan estafet modifikasi.
Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh kelas yang diberi perlakuan dengan ttabel > thitung (1,796 > 0,36), sedangkan untuk kelas tidak diberi
perlakuan memperoleh nilai ttabel > thitung (1,796 > 0,14) dengan taraf α = 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa :”Tidak terdapat pengaruh dengan menggunakan
permainan estafet modifikasi dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di TK Dian Ekawati Komplek TVRI T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PAUD 068 |
Keywords: | PERMAINAN ESTAFET MODIFIKASI, PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 15:27 |
Last Modified: | 05 Feb 2020 03:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34174 |