Siregar, Faulina Rebekya (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KORESPODENSI KELAS X A.P SMK NEGERI 6 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7141141027 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 7141141027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
3. NIM. 7141141027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
4. NIM. 7141141027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
5. NIM. 7141141027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
6. NIM. 7141141027 TABLES.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
7. NIM. 7141141027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
8. NIM. 7141141027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
9. NIM. 7141141027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
13. NIM. 7141141027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 7141141027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar korespodensi yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match X SMK Negeri 6 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019.
Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X AP 1 yang berjumlah 36 orang. Tehnik pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling dimana jumlah populasi yang kurang dari 100 seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berbentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 soal. Tes dilakukan sebanyak dua kali yaitu di awal (Pretes) dan akhir (Postets) penelitian. Sebelum tes diberikan kepada sampel penelitian, maka tes di uji coba terlebih dahulu di SMK Negeri 6 Medan namun di kelas yang berbeda sebanyak 25 soal. Hal ini dilakukan untuk menguji validitas, reabilitas, daya pembeda soal, dan tingkat kesukaran soal. Tehnik analisis data sebelum dilakukan pengujian hipotensis, terlebih dilakukan uji persyaratan data. Dalam hal ini dilakukan uji normalitas dari uji homogenitas data.
Hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespodensi yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match memiliki skor rata-rata 82,05 sedangkan sebelum diberikan perlakuan 38,88. Secara statistic dengan menggunakan uji-z disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match lebih tinggi dibandingkan dengan KKM pada mata pelajaran korespodensi kelas X AP Negeri 6 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019, hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotensisi Zhitung (0,58) terletak antara -1.96 dan 1,96 maka Ha diterima Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ADP 032 |
Keywords: | Model Pembelaran Kooperatif Tipe Make A Match ; Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 15:21 |
Last Modified: | 05 Nov 2019 04:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34163 |