MARBUN, DESY CHRISTIN (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS 5 SD NEGERI 101771 TEMBUNG T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141111023_COVER.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
3. NIM. 1141111023_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
4. NIM. 1141111023_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5. NIM. 1141111023_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 1141111023_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1141111023_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 1141111023_BAB I.pdf - Published Version
Download (472kB) | Preview
12. NIM. 1141111023_BAB V.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
2. NIM. 1141111023_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf
Download (160kB)
13. NIM. 1141111023_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar Matematika sehingga diterapkan dua model pembelajaran Direct Instruction dengan model Problem Based Learning pada materi pokok Perkalian dan Pembagian Pecahan kelas V SD
Negeri 101771 Tembung T.P. 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Direct Instruction dengan model Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparasi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101771 Tembung pada semester genap T.P 2017/2018. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101771 Tembung yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 66 orang yaitu kelas VA dan VB. Pengambilan sampel menggunakan
teknik total sampling yaitu jumlah populasi dan sampelnya sama banyak yakni 66 orang siswa kelas VA dan VB SD Negeri 101771 Tembung T.P 2017/2018. Sebelum penelitian dilakukan uji instrumen dengan menguji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, daya pembeda. Sedangkan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal, dan instrumen yang digunakan untuk mengetahui kinerja guru adalah lembar observasi,
serta pengujian hipotesis. Persentase hasil belajar menunjukkan bahwa hasil belajar siswa berbeda yaitu menggunakan model Problem Based Learning 98,86% dengan
varians 22,359 dan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction 97,36% dengan varians 26,661. Dan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ditolak dan
diterima dengan hasil > (3,72 > 1,67). Berdasarkan hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat
perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Matematika siswa kelas VA yang diajar menggunakan model Problem Based Learning dengan kelas VB yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction pada materi pokok Perkalian dan Pembagian Pecahan kelas V SD Negeri 101771 Tembung T.P. 2017/2018. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi: “Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang
menggunakan model pembelajaran Direct Instruction dengan model Problem Based Learning pada materi pokok Perkalian dan Pembagian Pecahan kelas V SD Negeri 101771 Tembung T.P. 2017/2018” diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 443 |
Keywords: | Hasil Belajar, Direct Instruction, Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 15:13 |
Last Modified: | 20 Dec 2024 03:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34151 |