Nainggolan, Kurnia Paris (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA RAKSANA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/ 2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7142141015 COVER.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
2. NIM 7142141015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (553kB) | Preview
3. NIM 7142141015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
4. NIM 7142141015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM 7142141015. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
6. NIM 7142141015 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM 7142141015 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 7142141015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 7142141015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
13. NIM 7142141015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
14. NIM 7142141015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi dikarenakan guru masih menggunakan metode pembelajaran yang konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar ekonomi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair and Share dibanding hasil belajar ekonomi yang diajar dengan menggunakan metode konvensional pada siswa kelas XI IPS SMA Raksana Medan Tahun Pembelajaran 2018/ 2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Raksana Medan yang ber-alamat di jalan Gajah Mada No.20 Kecamatan Medan Petisah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Raksana Medan dengan jumlah 72 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan random sampling dengan menggunakan rumus Slovin. Kelas XI IPS 1 dengan jumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol yang diajar dengan metode konvensional dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 siswa diajar dengan model pembelajaran Think Pair and Share. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar ekonomi dalam bentuk soal pilihan berganda sebanyak 20 soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas dan hipotesis dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis yang diajukan sebagai acuan untuk membuat kesimpulan.
Hasil analisis yang diperoleh nilai rata – rata pretest kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran Think Pair and Share sebesar 46,81 dengan SD = 10,01 dan nilai rata – rata postest sebesar 79,58 dengan SD = 7,30. Sedangkan nilai rata – rata pretest kelas kontrol sebesar 46,39 dengan SD = 10,25 dan nilai rata – rata postest sebesar 73,05 dengan SD 9,65. Dari data perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 3,43 sedangkan ttabel sebesar 1,666. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 3,43 > 1,666 yang berarti hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran Think Pair and Share lebih tinggi dibanding hasil belajar ekonomi yang diajar dengan metode konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 EKO 084 |
Keywords: | Model Pembelajaran Think Pair and Share; Metode Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 14:58 |
Last Modified: | 18 Apr 2019 07:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34145 |