AGUSTIANINGSIH, WENI (2018) PENGEMBANGAN LEAFLET SEBAGAI BAHAN AJAR MATERI TEKS EKSPLANASI KELAS XI SMK NEGERI 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2141111043 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM 2141111043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (503kB) | Preview
3. NIM 2141111043 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
4. NIM 2141111043 PREFACE.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
5. NIM 2141111043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6. NIM 2141111043 TABLES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM 2141111043 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM 2141111043 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 2141111043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (642kB) | Preview
13. NIM 2141111043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM 2141111043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan bahan ajar leaflet pada materi materi teks eksplanasi di kelas XI SMK Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018, (2) mendeskripsikan kelayakan leaflet dalam materi teks eksplanasi untuk meningkatkan pembelajaran yang valid sesuai dengan syarat kelayakan leaflet kelas XI SMK Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan sampel 29 orang peserta didik dengan metode R&D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar dengan model ADDIE. Leaflet sebagai bahan ajar materi teks eksplanasi siswa kelas XI SMK Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 tergolong kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan rata-rata penilaian dari ahli materi 95,27% (kelayakan isi materi 93,33%, kelayakan penyajian 92,5%, dan kelayakan bahasa 100%) dan ahli desain 90,66%. Selanjutnya diperkuat hasil uji coba bahan ajar leaflet pada 29 orang siswa dibagi menjadi dua tahap yaitu uji coba skala kecil, dan uji coba skala besar. Uji coba skala kecil dengan sampel 14 orang memperoleh skor tanggapan 82,35% yang dapat dikategorikan “sangat baik”. Uji coba skala besar dengan sampel yang lebih besar 29 orang memperoleh skor tanggapan 93% yang dapat dikategorikan “sangat baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa leaflet yang dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran dan layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 121 |
Keywords: | PENGEMBANGAN LEAFLET, TEKS EKSPLANASI, MODEL ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 14:57 |
Last Modified: | 18 Apr 2019 07:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34143 |