SITEPU, YESSI RAMAYANTI (2018) ANALISIS KEMAMPUAN MENGGAMBAR POLA BUSANA PESTA ANAK PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA SMK SWASTA PENCAWAN MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5112143009 COVER.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
2. NIM. 5112143009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (625kB) | Preview
3. NIM. 5112143009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4. NIM. 5112143009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
5. NIM. 5112143009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. NIM. 5112143009 TABLES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7. NIM. 5112143009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
8. NIM. 5112143009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 5112143009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
13. NIM. 5112143009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
14. NIM. 5112143009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Kemampuan Menggambar Pola Busana Pesta Anak Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Tata Busana SMK Pencawan Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu untuk memberikan gejala-gejala, fakta-fakta atau kejadian-kejadian secara sistematis dan akurat mengenai sifat-sifat populasi atau daerah tertentu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Keahlian Tata Busana SMK Pencawan Medan Tahun Ajaran 2017/2018 yaitu sebanyak 38 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan tekniktotal sampling yaitu sebanyak 38 orang.
Data penelitian ini dijaring melalui melalui lembar pengamatan. Berdasarkan uji kesepakatan pengamat dengan menggunakan ANAVA satu jalur dengan tingkat penerimaan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 4 : 165, diperoleh Ftabel = 2,424, sehingga diketahui Fo < Ft (0,548 < 2,424). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang berarti antara hasil pengamatan dari kelima orang observer (pengamat) atau dapat diartikan bahwa butir-butir komponen tentang Membuat Pola Busana Pesta Anak dapat digunakan untuk menjaring data penelitian
Dalam penelitian ini digunakan rumus Persentase. Berdasarkan hasil perhitungan terlihat bahwa (1) Menentukan besar badan pola bagian depan tergolong kurang (70,59%), (2) Menentukan besar pinggang pola bagian depan tergolong kurang (82,35%), (3) Menentukan kupnat pola bagian depan tergolong kurang (73,53%), (4) Keluwesan garis pada pola bagian depan tergolong kurang (73,53%), (5) Menentukan panjang punggung pola bagian belakang tergolong kurang (79,41%), (6) Menentukan besar badan pola bagian belakang tergolong kurang (91,18%), (7) Menentukan besar pinggang pola bagian belakang tergolong kurang (67,65%), (8) Keluwesan garis pada pola bagian belakang tergolong kurang (58,82%) (9) Menentukan Kerung Lengan tergolong kurang (67,65%), (10) Menentukan keluwesan garis pada kerung lengan tergolong kurang (76,47%), (11) Ketepatan penggunaan tanda – tanda pola tergolong kurang (64,71%), (12) Pola Dasar Rok tergolong kurang (70,59%), (13) Hasil Kerja tergolong kurang (55,88%), dan (14) Rancangan harga dan bahan tergolong cukup (55,88%). Secara keseluruhan ditemukan bahwa persentase Kemampuan Menggambar Pola Busana Pesta Anak Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Tata Busana SMK Pencawan Medan Tahun Ajaran 2017/2018 berada dalam kategori kurang yaitu sebesar 61,28%.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Kemampuan Menggambar Pola Busana Pesta Anak Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Tata Busana SMK Pencawan Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu untuk memberikan gejala-gejala, fakta-fakta atau kejadian-kejadian secara sistematis dan akurat mengenai sifat-sifat populasi atau daerah tertentu.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Keahlian Tata Busana SMK Pencawan Medan Tahun Ajaran 2017/2018 yaitu sebanyak 38 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan tekniktotal sampling yaitu sebanyak 38 orang. Data penelitian ini dijaring melalui melalui lembar pengamatan. Berdasarkan uji kesepakatan pengamat dengan menggunakan ANAVA satu jalur dengan tingkat penerimaan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 4 : 165, diperoleh Ftabel = 2,424, sehingga diketahui Fo < Ft (0,548 < 2,424). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang berarti antara hasil pengamatan dari kelima orang observer (pengamat) atau dapat diartikan bahwa butir-butir komponen tentang Membuat Pola Busana Pesta Anak dapat digunakan untuk menjaring data penelitian
Dalam penelitian ini digunakan rumus Persentase. Berdasarkan hasil perhitungan terlihat bahwa (1) Menentukan besar badan pola bagian depan tergolong kurang (70,59%), (2) Menentukan besar pinggang pola bagian depan tergolong kurang (82,35%), (3) Menentukan kupnat pola bagian depan tergolong kurang (73,53%), (4) Keluwesan garis pada pola bagian depan tergolong kurang (73,53%), (5) Menentukan panjang punggung pola bagian belakang tergolong kurang (79,41%), (6) Menentukan besar badan pola bagian belakang tergolong kurang (91,18%), (7) Menentukan besar pinggang pola bagian belakang tergolong kurang (67,65%), (8) Keluwesan garis pada pola bagian belakang tergolong kurang (58,82%) (9) Menentukan Kerung Lengan tergolong kurang (67,65%), (10) Menentukan keluwesan garis pada kerung lengan tergolong kurang (76,47%), (11) Ketepatan penggunaan tanda – tanda pola tergolong kurang (64,71%), (12) Pola Dasar Rok tergolong kurang (70,59%), (13) Hasil Kerja tergolong kurang (55,88%), dan (14) Rancangan harga dan bahan tergolong cukup (55,88%). Secara keseluruhan ditemukan bahwa persentase Kemampuan Menggambar Pola Busana Pesta Anak Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Tata Busana SMK Pencawan Medan Tahun Ajaran 2017/2018 berada dalam kategori kurang yaitu sebesar 61,28%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BSN 033 |
Keywords: | Kemampuan, Pola, Busana pesta |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs > GT500 Costume. Dress. Fashion L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 14:39 |
Last Modified: | 18 Apr 2019 02:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34115 |