Nasution, Rabiatul Adawiyah (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK SWASTA BUDISATRYA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143142021 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 7143142021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
3. NIM. 7143142021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
4. NIM. 7143142021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
5. NIM. 7143142021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. NIM. 7143142021 TABLES.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
7. NIM. 7143142021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8. NIM. 7143142021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
9. NIM. 7143142021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
13. NIM. 7143142021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
14. NIM. 7143142021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting,
Extending) lebih tinggi dibanding dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI Akuntansi SMK
Swasta Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Budisatrya Medan yang beralamat di Jl. Letda Sujono 166, Bandar Selamat, Medan Tembung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 63 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
adalah Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar akuntansi adalah tes pilihan ganda berjumlah 20 butir soal. Sebelum tes diberikan pada sampel yang sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen
untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran tes, dan daya pembeda tes. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah menghitung nilai mean, standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Dari hasil uji hipotesis t test diperoleh nilai thitung sebesar 7,081, sedangkan ttabel sebesar 1,672 pada tingkat kepercayaan 95% dan α = 0,05 sehingga thitung >
ttabel (7,081 > 1,672) artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) lebih tinggi
secara signifikan dibanding dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran Konvensional pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Swasta Budisatrya Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 078 |
Keywords: | Hasil Belajar Akuntansi, Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 14:37 |
Last Modified: | 18 Apr 2019 02:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34110 |