SIMORANGKIR, AGUM KUANTARA (2019) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH CS 6 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA KELAS X JURUSAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK SWASTA IMELDA MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133131003 COVER.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
2. NIM. 5133131003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
3. NIM. 5133131003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. NIM. 5133131003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
5. NIM. 5133131003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
6. NIM. 5133131003 TABLES.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
7. NIM. 5133131003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
8. NIM. 5133131003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
9. NIM. 5133131003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (767kB) | Preview
13. NIM. 5133131003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
14. NIM. 5133131003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan memperoleh nilai yang lebih tinggi dan adanya pengaruh menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS6 pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Swasta Imelda Medan TA. 2018/2019. Penelitian dilakukan di SMK Swasta Imelda Medan pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Sampel penelitian diambil 50 siswa dari 2 kelas, yaitu kelas Eksperimen X TITL 1 dan kelas kontrol X TITL 2 SMK Swasta Imelda Medan T.A 2018/2019. Pada awal penelitian diberikan tes awal (pre-test) kepada kelas Eksperimen dan kelas Kontrol, diperoleh
rata-rata skor pada kelas ekperimen yaitu 24,6 dan kelas Kontrol yaitu 24,32. Setelah diberikan perlakuan, diberikan tes akhir pada kelas Eksperimen dan kelas Kontrol. Kelas Eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS 6 memperoleh skor rata-rata hasil belajar adalah 27.16 dengan standar deviasinya 2.718 dan kelas Kontrol yang
diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran Microsoft Power Point memperoleh hasil belajar dengan skor rata-rata 26 dengan standar deviasi 3,148. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji t, yaitu uji pihak kanan dengan taraf signifikan 5%. Uji t pihak kanan dimana Ha diterima jika thitung > ttabel. Harga thitung yang diperoleh adalah 2.718 dan ttabel diketahui 1.677. Maka, kriteria pengujian data diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,4167>1.677. Artinya Ha diterima, yang berarti adanya pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS 6 adalah lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Microsoft Power Point di SMK
Swasta Imelda Medan Jurusan TITL Kelas X T.A 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 ELK 004 |
Keywords: | Adobe Flash CS 6, Microsoft Power Point, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK4001 Applications of electric power |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 14:33 |
Last Modified: | 29 Apr 2019 08:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34102 |