PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK PADA SISWA KELAS X TITL DI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A 2018/2019

TUMANGGOR, GILBERT (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK PADA SISWA KELAS X TITL DI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM. 5122131005 COVER.pdf.pdf]
Preview
Text
1.NIM. 5122131005 COVER.pdf.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM. 5122131005 APPROVAL SHEET.pdf.pdf]
Preview
Text
2.NIM. 5122131005 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version

Download (699kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM. 5122131005 ABSTRACT.pdf.pdf]
Preview
Text
3.NIM. 5122131005 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM. 5122131005 PREFACE.pdf.pdf]
Preview
Text
4.NIM. 5122131005 PREFACE.pdf.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM. 5122131005 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf]
Preview
Text
5.NIM. 5122131005 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[thumbnail of 6.NIM. 5122131005 ILLUSTRATION.pdf.pdf]
Preview
Text
6.NIM. 5122131005 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 7.NIM. 5122131005 TABLES.pdf.pdf]
Preview
Text
7.NIM. 5122131005 TABLES.pdf.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[thumbnail of 8.NIM. 5122131005 APPENDICES.pdf.pdf]
Preview
Text
8.NIM. 5122131005 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 9.NIM. 5122131005 CHAPTER I.pdf.pdf]
Preview
Text
9.NIM. 5122131005 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version

Download (789kB) | Preview
[thumbnail of 10.NIM. 5122131005 CHAPTER II.pdf.pdf] Text
10.NIM. 5122131005 CHAPTER II.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 11.NIM. 5122131005 CHAPTER III.pdf.pdf] Text
11.NIM. 5122131005 CHAPTER III.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 12.NIM. 5122131005 CHAPTER IV.pdf.pdf] Text
12.NIM. 5122131005 CHAPTER IV.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (772kB)
[thumbnail of 13.NIM. 5122131005 CHAPTER V.pdf.pdf] Text
13.NIM. 5122131005 CHAPTER V.pdf.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of 14.NIM. 5122131005 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf] Text
14.NIM. 5122131005 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 15.NIM. 5122131005 ENCLOSURE.pdf.pdf] Text
15.NIM. 5122131005 ENCLOSURE.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada dasar dan pengukuran listrik antara penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan model pembeljaran Ekspositori pada siswa kelas X program
keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan pada Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 65 orang. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan cara acak atau random, dimana pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperati Tipe Jigsaw ditetapkan pada kelas X TITL 1 yang berjumlah 34 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Untuk menguji normalitas data digunakan uji liliefors pada taraf kepercayaan (α)= 0,05. Pada model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 0,117<0,152, disimpulkan data dalam kategori normal, dan pada pembelajaran Ekspositori Lhitung < Ltabel yaitu 0,145<0,152, disimpulkan data dalam kategori normal. Untuk menguji homogenitas antara pembelajaran Kooperatif Tipe Jigssaw dan Ekspositori digunakan uji kesamaan varians pada taraf kepercayaan (α)= 0,05 diperoleh bahwa Fhitung < Ftabel, yaitu 1,78 < 1,84 maka disimpulkan varians sampel homogen. Dengan menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan (α)= 0,05 untuk menguji hipotesis penelitian diperoleh yaitu 7,158 > 1,66, dan diambil kesimpulan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran Ekspositori.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 ELK 005
Keywords: pengaruh pembelajaran siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dengan ekspositori
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK301 Electric meters
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 08 Apr 2019 14:30
Last Modified: 15 Sep 2025 08:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34097

Actions (login required)

View Item
View Item