TUMANGGOR, GILBERT (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK PADA SISWA KELAS X TITL DI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM. 5122131005 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
2.NIM. 5122131005 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (699kB) | Preview
3.NIM. 5122131005 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
4.NIM. 5122131005 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
5.NIM. 5122131005 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
6.NIM. 5122131005 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
7.NIM. 5122131005 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
8.NIM. 5122131005 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
9.NIM. 5122131005 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (789kB) | Preview
13.NIM. 5122131005 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
14.NIM. 5122131005 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada dasar dan pengukuran listrik antara penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan model pembeljaran Ekspositori pada siswa kelas X program
keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan pada Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 65 orang. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan cara acak atau random, dimana pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperati Tipe Jigsaw ditetapkan pada kelas X TITL 1 yang berjumlah 34 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Untuk menguji normalitas data digunakan uji liliefors pada taraf kepercayaan (α)= 0,05. Pada model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 0,117<0,152, disimpulkan data dalam kategori normal, dan pada pembelajaran Ekspositori Lhitung < Ltabel yaitu 0,145<0,152, disimpulkan data dalam kategori normal. Untuk menguji homogenitas antara pembelajaran Kooperatif Tipe Jigssaw dan Ekspositori digunakan uji kesamaan varians pada taraf kepercayaan (α)= 0,05 diperoleh bahwa Fhitung < Ftabel, yaitu 1,78 < 1,84 maka disimpulkan varians sampel homogen. Dengan menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan (α)= 0,05 untuk menguji hipotesis penelitian diperoleh yaitu 7,158 > 1,66, dan diambil kesimpulan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran Ekspositori.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 ELK 005 |
Keywords: | pengaruh pembelajaran siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dengan ekspositori |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK301 Electric meters |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 14:30 |
Last Modified: | 29 Apr 2019 08:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34097 |