SHOFWA, CINTAMI (2018) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA NEGERI 1 STABAT TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141141007 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. NIM. 4141141007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
3. NIM. 4141141007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
4. NIM. 4141141007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
5. NIM. 4141141007 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
6. NIM. 4141141007 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 4141141007 TABLES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 4141141007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 4141141007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
13. NIM. 4141141007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
14. NIM. 4141141007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi siswa terhadap penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan di kelas X di SMA Negeri 1 Stabat Tahun Pembelajaran 2017/2018. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA di SMA Negeri 1 Stabat tahun pembelajaran 2017/2018. Sampel peneleitian terdiri dari kelas X MIA 1 dan MIA 5 yang berjumlah 72 orang yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode penelitian ini adalah deskriptif korelasional, dengan menggunakan angket dan dokumentasi hasil belajar sebagai alat pengumpul data. Untuk teknik analisis data adalah persamaan regresi ̂ . Berdasarkan hasil uji korelasi Product Moment diperoleh rhitung rtabel ) (0,75 > 0,23) artinya terdapat korelasi yang positif antara persepsi siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan hasil belajar dan termasuk kategori kuat. Hasil uji determinasi sebesar 56,25% menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi perubahan lingkungan memberikan konstribusi sebesar 56,25% terhadap hasil belajar siswa. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh thitung ttabel atau 8,62 > 1,994. Artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi perubahan lingkungan dengan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan di kelas X di SMA Negeri 1 Stabat tahun pembelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 192 |
Keywords: | persepsis siswa, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 14:26 |
Last Modified: | 16 Apr 2019 07:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34090 |