Aysah, Dewi (2018) PENGARUH SOSIAL EKONOMI ORANGTUA TERHADAP PERILAKU BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI ANGKATAN 2016 FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3143131010 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 3143131010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
3. NIM. 3143131010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
4. NIM. 3143131010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
5. NIM. 3143131010 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM. 3143131010 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 3143131010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 3143131010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 3143131010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
14. NIM. 3143131010 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
15. NIM. 3143131010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh yang signifikan antara pendidikan orangtua terhadap perilaku belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Angkatan 2016. (2) Pengaruh yang signifikan antara pendapatan orangtua terhadap perilaku belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Angkatan 2016. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan tahun 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Angkatan 2016 yang berjumlah 137 orang. Sampel ditentukan 50% dari jumlah populasi sehingga sampel berjumlah 69 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah komunikasi langsung (daftar wawancara) dan tidak langsung (daftar angket). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikan orangtua terhadap perilaku belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Angkatan 2016, hal ini dibuktikan thitung > ttabel (2,332 > 1,668) dan besar kontribusi sebesar 0,075 atau 7,5%, artinya sumbangan pengaruh pendidikan orangtua terhadap perilaku belajar mahasiswa sebesar 7,5%. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pendapatan orangtua terhadap perilaku belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Angkatan 2016, keadaan ini terbukti thitung > ttabel (2,754 > 1,668) dan besar kontribusi 0,102 atau 10,2%, artinya sumbangan pengaruh pendapatan orangtua terhadap perilaku belajar mahasiswa sebesar 10,2%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 GEO 099 |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 14:12 |
Last Modified: | 16 Apr 2019 04:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34064 |