PURBA, CHANYA NIN ROHNI (2018) ANALISIS PEMANFAATAN LABORATORIUM DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI KURIKULUM 2013 KELAS X DI SMA NEGERI 14 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141141005 COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2. NIM. 4141141005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
3. NIM 4141141005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
4. NIM 4141141005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
5. NIM 4141141005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 4141141005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 4141141005 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 4141141005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
9. NIM. 4141141005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
13. NIM. 4141141005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM. 4141141005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui frekuensi dan pemanfaatan laboratorium dalam pembelajaran biologi kelas X di SMA Negeri 14 Medan dan kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan laboratorium di SMA Negeri 14 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa metode deskriptif dan berjenis survey explorative. Populasi yang dijadikan sebagi objek penelitian adalah seluruh siswa kelas X jurusan MIPA berjumlah 7 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan secara sampel acak (random sampling) sebanyak 120 orang dimana setiap unsur dari keseluruhan populasi mempunyai kesempatan atau peluang yang sama untuk menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain pembagian angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis data diperoleh frekuensi pemanfaatan laboratorium dalam pelaksanaan praktikum di SMA Negeri 14 Medan diperoleh sebanyak 66,6%, keadaan laboratorium pada sekolah sampel baik dengan persentase 69,22%. Dan kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan laboratorium yaitu ketidaklengkapan alat dan bahan praktikum, serta keterbatasan waktu melakukan praktikum. Peranan laboratorium dalam pembelajaran biologi belum dapat memenuhi prinsip-prinsip pembelajaran biologi seperti yang diharapkan, termasuk belum optimalnya pemanfaatan laboratorium sebagai sarana proses belajar-mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 193 |
Keywords: | Laboratorium, Praktikum, Kurikulum 2013 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 14:05 |
Last Modified: | 15 Apr 2019 08:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34051 |