MANURUNG, HARTINAH RAOMAULI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII AK SMK NEGERI 6 MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143342017 COVER.pdf - Published Version
Download (0B)
2. NIM. 7143342017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (0B)
3. NIM. 7143342017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (0B)
4. NIM. 7143342017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
5. NIM. 7143342017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (0B)
6. NIM 7143342017 TABLES.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
7. NIM. 7143342017 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
8. NIM. 7143342017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
9. NIM. 7143342017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (0B)
13. NIM. 7143342017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (0B)
14. NIM. 7143342017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (0B)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Double Loop Problem Solving lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran Konvensional siswa kelas XII-AK SMK Negeri 6 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII-AK SMK Negeri 6 Medan T.P 2018/2019 yang berjumlah 106 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling jenis purposive sampling yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t. Analisis data kelas eksperimen menunjukkan nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 49,83 dan 77,66. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 55,5 dan 68. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang dilakukan diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,95 > 1,671 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.
Dapat disimpulkan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Double Loop Problem Solving lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan metode pembelajaran Konvensional pada siswa kelas XII-AK SMK Negeri 6 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 088 |
Keywords: | Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving, Metode Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 13:54 |
Last Modified: | 15 Apr 2019 07:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34030 |