Nasution, Rizki Fitriani (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LERARNING (PBL) DENGAN MEDIA VIRTUAL LAB DAN REAL LAB PADA MATERI TITRASI ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4141131042 COVER.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
2.NIM 4141131042 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
3. NIM 4141131042 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
4. NIM 4141131042 PREFACE.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
9. NIM 4141131042 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
5. NIM 4141131042 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM 4141131042 TABLES.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
7. NIM 4141131042 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM 4141131042 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
13. NIM 4141131042 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
14. NIM 4141131042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar kimia siswa yang diajarkan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan virtual lab dan real lab pada materi Titrasi Asam Basa. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA BUDISATRYA Medan yang berjumlah 2 kelas. Sampel penelitian adalah dau kelas yang berjumlah 30 siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling yaitu kelas eksperimen 1 yang
dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Real Lab dan kelas eksperimen 2 yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media Virtual Lab. Instrumen penelitian adalah tes Objektif berupa tes pilihan berganda berjumlah 20 soal yang sudah diuji validitas, reliabilitas,tingkat kesukaran, dan daya pembeda untuk data hasil belajar kimia siswa.Hasil uji hipotesis dengan analisis uji t dua pihak menunjukkan thitung > ttabel ( 5,615 > 2,002 ), berarti Ho ditolak dan Ha diterima artinya hasil belajar dengan media real lab memiliki perbedaan yang
signifikan pada hasil belajar siswa yang di ajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan Media real lab dengan hasil belajar siswa yang di ajarkan dengan Problem Based Learning menggunakan media virtual lab pada materi titrasi asam basa. Rata – rata nilai Hasil Belajar Siswa kelas Eksperimen I yaitu 89,5 dan kelas Eksperimen II yaitu 80,833.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 151 |
Keywords: | PBL,Virtual Lab, Real Lab, Hasil Belajar Siswa, Titrasi Asam Basa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 13:51 |
Last Modified: | 15 Apr 2019 07:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34026 |