PANGGABEAN, BOYKE RINALDI (2018) STRATEGI ADAPTASI MAHASISWI DALAM MENEMPUH BIDANG PEMINATAN TEKNIK (STUDI PADA MAHASISWI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN). Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3143122006 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM 3143122006 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
3. NIM 3143122006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM 3143122006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
5. NIM 3143122006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM 3143122006 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 3143122006 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 3143122006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
12. NIM 3143122006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
13. NIM 3143122006 REFERENCE.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
Abstract
Penelitian yang dilakukan oleh penulis bertujuan untuk mengetahui (1) adaptasi mahasiswi Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Medan (2) hambatan yang dialami saat mengikuti pembelajaran di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan UNIMED (3) peluang mahasiswi Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Medan berkiprah di dunia STEM. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi dari Spradley. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, dan wawancara mendalam. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori adaptasi Usman Pelly, adaptasi budaya Julian Steward dan teori School, Information and Communication Peer. Unit analisis terdiri dari enam mahasiswi, empat mahasiswa laki-laki dan satu orang selaku Kepala Prodi Pendidikan Teknik Bangunan UNIMED. Berdarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa adaptasi yang dilakukan oleh mahasiswi Prodi Pendidikan Teknik Bangunan UNIMED adalah aktif bertanya, memberikan argumentasi terhadap materi yang dipelajari, memiliki minat, motivasi dan inisiatif di bidang peminatan teknik bangunan. Hambatan yang dialami saat mengikuti pembelajaran adalah manajemen waktu dalam mengerjakan tugas kelompok yang didominasi mahasiswa laki-laki, ketidaksesuaian peran yang dijalankan dan perbedaan peran gender. Mahasiswi Prodi Pendidikan Teknik Bangunan UNIMED mempunyai peluang yang besar berkiprah di dunia STEM karena memiliki kompetensi yang sesuai dengan kompetensi dalam bidang teknik, dan mampu menjaring kebutuhan pasar kerja melalui banyak informasi pekerjaan yang cocok bagi perempuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ANTRO 067 |
Keywords: | Mahasiswi, STEM, Strategi Adaptasi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 12:05 |
Last Modified: | 15 Apr 2019 03:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34010 |