Ulina Cibro, Tri Ade (2015) PERAN GURU PKN BERSERTIFIKAT PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK SWASTA PAB 6 MEDAN ESTATE. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3141111040 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 3141111040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (789kB) | Preview
3. NIM. 3141111040 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4. NIM. 3141111040 PREFACE.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
5. NIM. 3141111040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM. 3141111040 TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 3141111040 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 3141111040 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 3141111040 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
13. NIM. 3141111040 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 3141111040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru pkn bersertifikat pendidik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMK Swasta PAB 6 Medan Estate, yang berlokasi di jalan Mesjid Nomor 1, Kecamatan Percut Sei Tuan, Medan Estate, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftip kuantitatif, yaitu suatu metode yang menggambarkan fakta-fakta yang ada dan berdasarkan penelitian di lapangan.Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan observasi secara langsung ke SMK Swasta PAB 6 Medan Estate, menyebarkan angket, wawancara dan dokumentasi/studi pustaka.Jumlah populasi dalam penulisan ini yaitu seluruh siswa di SMK Swasta PAB 6 Medan Estate yang berjumlah 164 orang siswa. Sedangkan sampel yang di gunakan dalam penelitian ini adalah 15% dari jumlah populasi yang ada yaitu 25 orang yang di ambil secara acak sederhana (random sampling). Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru PKn dan siswa SMK Swasta PAB 6 Medan Estate. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tabulasi persentasi. Adapun hasil penelitian ini adalah guru Pkn sudah berperan dengan baik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, terlihat dari peran guru dalam memberikan bimbingan serta nasehat kepada siswa baik di waktu pembelajaran maupun di luar pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PKN 106 |
Keywords: | Peran Guru Bersertifikat Pendidik, Motivasi Belajar Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 11:58 |
Last Modified: | 15 Apr 2019 02:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33995 |