Tanjung, Tia Wulandari (2018) KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN BERDASARKAN UNSUR-UNSUR PEMBANGUNNYA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 20 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2133311077 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM 2133311077 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (546kB) | Preview
3. NIM 2133311077 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM 2133311077 PREFACE.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
5. NIM 2133311077 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM 2133311077 TABLES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7. NIM 2133311077 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 2133311077 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
12. NIM 2133311077 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
13. NIM 2133311077 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa dalam menulis cerpen berdasarkan unsur-unsur pembangunnya siswa kelas XI SMA Negeri 20 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis cerpen. Penelitian ini menggunakan sumber data yaitu sebanyak 45 teks cerpen siswa kelas XI. Berdasarkan tes menulis cerpen siswa, hasil menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks cerpen tergolong kurang pada tabel distribusi presentase dilihat dari 45 teks cerpen siswa yang dijadikan sumber data penelitian, hanya 1 (2%) siswa berada pada rentang 86-100 termasuk dalam kategori baik sekali, 2 (4%) siswa berada pada rentang 76-85 termasuk dalam kategori baik, 11 (24%) siswa berada pada rentang 56-75 termasuk dalam kategori cukup, dan 31 (70%) siswa berada dalam kategori kurang. Berdasarkan pengamatan ini, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks cerpen berdasarkan unsur-unsur pembangunnya dalam hal ini unsur intrinsik yaitu tema, latar, alur, penokohan, sudut pandang, gaya bahasa, dan amanat masih dibawah kategori baik atau kurang. Hal ini disebabkan karena kemampuan siswa dalam menulis teks cerpen masih tergolong kurang memahami unsur-unsur intrinsik pada teks cepen, sehingga pemahaman akan unsur-unsur intrinsik pada teks cepen yang baik dan benar masih rendah. Hal ini yang terjadi pada siswa kelas XI SMA Negeri 20 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 124 |
Keywords: | Menulis cerpen; SMA; Unsur pembangunan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 11:44 |
Last Modified: | 12 Apr 2019 07:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33964 |