Fatimah, Fetty (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI BAHASA INDONESIA KELAS X AP SMK N 1 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7132141016 COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2. NIM. 7132141016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
3. NIM. 7132141016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
4. NIM. 7132141016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
5. NIM. 7132141016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
6. NIM. 7132141016 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 7132141016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 7132141016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
9. NIM. 7132141016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
13. NIM. 7132141016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
14. NIM. 7132141016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi bahasa indonesia. Penelitian ini Tujuan Untuk Mengetahui hasil belajar korespondensi bahasa indonesia yang diajarkan dengan model pembelajaran Inquiry lebih tinggi dibanding hasil belajar korespondensi bahasa indonesia yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Solving
pada siswa kelas X AP di SMK Negeri 1 Medan T.P 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas X AP SMK Negeri I Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP SMK Negeri 1 Medan yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 136 siswa. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah simple random sampling yang terdiri dari kelas eksperimen I (X AP 2) yang di ajar dengan model Inquiry berjumlah 30 orang dan eksperimen II
(X AP 3) yang di ajar dengan model Problem Solving berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk
pilihan ganda sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran tes, dan uji daya beda tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “uji t”. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pre test dan post test dengan
model pembelajaran Inquiry = 38,83 dan 83,17 dan hasil rata - rata pre test dan post test model pembelajaran Problem Solving = 36,83 dan 78,17. Hipotesis penelitian ini diuji t dan diperoleh thitung sebesar 2,336 sedangakan ttabel sebesar 1,67 pada taraf nyata α = 0,05 yaitu thitung > ttabel maka hipotesis penelitian ini diterima.
Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa hasil belajar korespondensi bahasa indonesia yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Inquiry lebih tinggi secara signitifikan dari pada hasil belajar korespondensi
bahasa indonesia yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Problem Solving pada siswa kelas X AP di SMK Negeri I Medan T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ADP 037 |
Keywords: | Model pembelajaran inquiry, problem solving, hasil belajar korespondensi bahasa indonesia |
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 11:31 |
Last Modified: | 12 Apr 2019 06:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33940 |