AHYAR, KHAIRIL (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS ANTARA SISWA YANG DIBERI MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE DI SMA NEGERI 21 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8126172022 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 8126172022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (851kB) | Preview
3. NIM. 8126172022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4. NIM. 8126172022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
5. NIM. 8126172022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
6. NIM. 8126172022 TABLES.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
7. NIM. 8126172022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
8. NIM. 8126172022 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
9. NIM. 8126172022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (979kB) | Preview
13. NIM. 8126172022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
14. NIM. 8126172022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (499kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan mengetahui perbedaan kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran IMPROVE dan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS). Subjek penelitian adalah siswa pada SMA Negeri 21 Medan Propinsi Sumatera Utara dengan subjek sampel adalah siswa kelas XI yaitu kelas XI IPA 2 yang berjumlah 33 orang siswa dan kelas XI IPA 3 yang berjumlah 34 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis instrumen yaitu, 1) tes kemampuan penalaran matematis siswa, dan 2) tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa 1) terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran IMPROVE dan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dengan thitung > ttabel yaitu 3,444 > 1,669 dan taraf signifikansi yaitu 0,001 < 0,05, 2) terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran IMPROVE dan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dimana thitung > ttabel yaitu 2,377 > 1,669 dan taraf signifikansi yaitu 0,020 < 0,05, 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran IMPROVE dan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan penalaran matematis siswa dimana nilai Fhitung < Ftabel yaitu 0,306 < 3,15 dan taraf signifikansi yaitu 0,738 > 0,05, dan 4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran IMPROVE dan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dimana nilai Fhitung < Ftabel yaitu 0,033 < 3,15 dan taraf signifikansi yaitu 0,967 > 0,05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | MODEL IMPROVE, MODEL THINK-PAIR-SHARE, KEMAMPUAN PENALARAN, KEMAMPUAN KOMUNIKASI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 11:27 |
Last Modified: | 12 Apr 2019 05:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33931 |