HAYATI, SRI (2018) MENINGKATKAN APRESIASI SASTRA PUISI SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 101766 BANDAR SETIA MELALUI METODE QUANTUM TEACHING T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141111081_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1141111081_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
3. NIM. 1141111081_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 1141111081_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM. 1141111081_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 1141111081_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. NIM. 1141111081_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1141111081_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1141111081_BAB I.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
13. NIM. 1141111081_BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 1141111081_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi melalui metode Quantum Teaching pada siswa kelas V SDN 101766 Bandar Setia T.A 2017/2018. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini
berupa kolaborasi atau kerjasama antar peneliti dengan guru kelas. Sumber data yang digunakan adalah informasi dari dari narasumber yaitu guru kelas V, arsip nilai ulangan harian siswa, hasil pengamatan proses pembelajaran dengan
menggunakan metode pembelajaran Quantum Teaching. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes lisan dam observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menghubungkan kemampuan psikomotorik dan kognitif siswa.
Tujuan analisis ini adalah untuk meningkatkan apresiasi sastra puisi siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di Kelas V SDN 101766 Bandar Setia. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran meningkatkan apresiasi sastra
puisi siswa melalui metode Quantum Teaching dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi pada siswa kelas V SDN 101766 Bandar Setia dilihat dari kemampuan membaca puisi siswa pada pra siklus, siklus I dan siklus II yang
meningkat. Nilai rata-rata kemampuan membaca puisi pada kondisi awal 54,40% dengan ketuntasan klasikal 27,02% dan pada siklus I pertemuan pertama dengan nilai rata-rata 57,16% dengan ketuntasan klasikal 32,43%, siklus I pertemuan
kedua dengan rata-rata 63,54% dengan ketuntasan klasikal 45,94% dan pada siklus II pertemuan pertama dengan nilai rata-rata 73,97% dengan ketuntasan klasikal 67,56%, siklus II pertemuan kedua dengan nilai rata-rata 88,16% dengan
ketuntasan klasikal 89,18%. Penggunaan metode pembelajaran Quantum Teaching pada siklus II persentase keberhasilannya sudah mencapai 85% sehingga proses pembelajaran menggunakan metode Quantum Teaching berhasil. Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa dengan menggunakan Metode Quantum Teaching dapat meningkatkan apresiasi sastra puisi siswa kelas V SDN 101766 Bandar Setia dengan tingkat keberhasilan atau ketuntasan mencapai 85%
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 452 |
Keywords: | Penerapan, Metode, Quantum Teaching, Kemampuan, Membaca Puisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 11:14 |
Last Modified: | 12 Apr 2019 04:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33909 |