MELINDA, SHINTA (2018) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI PADA SISWA KELAS II SD NEGERI NO. 101766 BANDAR SETIA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143311061_COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 1143311061_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (612kB) | Preview
3. NIM. 1143311061_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4. NIM. 1143311061_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
5. NIM. 1143311061_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
6. NIM. 1143311061_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1143311061_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
8. NIM. 1143311061_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1143311061_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
10. NIM. 1143311061_BAB I.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
14. NIM. 1143311061_BAB V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
15. NIM. 1143311061_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring dengan menerapkan model pembelajaran artikulasi dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa kelas II SD Negeri 101766 Bandar Setia tahun ajaran 2017/2018 semester II, dengan subjek penerima tindakan berjumlah 34 orang siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Dan prosedur pelaksanaannya yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus yaitu siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data yaitu dengan lembar observasi siswa dan guru, dan lembar penilaian tes kemampuan membaca nyaring siswa. Alat pengumpulan data
(1) tes, dan (2) observasi. Berdasarkan analisis data tentang kemampuan membaca nyaring siswa yang telah dilakukan menunjukkan bahwa (1) pada kondisi awal nilai siswa berada pada skala <60 dengan kategori kurang, pada siklus I
pertemuan I dengan nilai rata-rata siswa adalah 52,62 dengan kategori kurang, kemudian nilai rata-rata siklus I pertemuan II adalah 59,91 dengan kategori kurang. Dan nilai rata-rata pada siklus II pertemuan I adalah 65,14 dengan kategori cukup, kemudian nilai rata-rata pada siklus II pertemuan II adalah 74,80 dengan kategori baik. Dari rata-rata hasil belajar siswa, nilai rata-rata siswa pada siklus I lebih
kecil dari pada siklus II. Maka penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran artikulasi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca nyaring siswa kelas II SD Negeri 101766 Bandar Setia dengan hasil
yang baik. Saran peneliti yaitu (1) dalam proses belajar mengajar ada baiknya guru menerapkan model pembelajaran artikulasi; (2) untuk peneliti selanjutnya, agar penelitian ini dapat dilaksanakan lebih baik lagi termasuk dalam mendesain model pembelajaran yang benar-benar bisa memperbaiki proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 451 |
Keywords: | Kemampuan Membaca Nyaring dan Artikulasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 11:13 |
Last Modified: | 12 Apr 2019 04:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33908 |