LUBIS, SARTIKA EKA FITRI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CO-O- CO-OP DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INFORMATION SEARCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK 1 SMK NEGERI 1 MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7143342036 COVER.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
2. NIM 7143342036 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
3. NIM 7143342036 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (496kB) | Preview
4. NIM 7143342036 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
5. NIM 7143342036 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM 7143342036 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. NIM 71433420 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
8. NIM 7143342036 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
9. NIM 7143342036 BAB I.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
13. NIM 7143342036 BAB V.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
14. NIM 7143342036 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi di kelas XI AK 1 SMK Negeri 1 Medan T.P 2018/2019 melalui penerapan model pembelajaran Co-op Co-op dengan strategi pembelajaran Information Search.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI AK 1 SMK Negeri 1 Medan T.P 2018/2019 dengan subjek adalah siswa kelas XI AK 1 yang berjumlah 37 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi dan observasi untuk mengetahui aktivitas belajar akuntansi siswa. Sedangkan teknik analisis data dalah dengan data kuantitatif dan kualitatif. Data hasil observasi aktivitas belajar siswa menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I hanya 5 orang (13,50%) siswa dengan Kriteria Sangat Aktif dan Aktif. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 33 orang (89,18%) siswa sudah melebihi Sangat Aktif dan Aktif. Selanjutnya nilai hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 25 orang (67,57%) siswa yang tuntas belajar dengan nilai rata-rata 75,94. Pada siklus II siswa yang tuntas dalam belajar menjadi 33 orang (89,19%) siswa dengan nilai rata-rata 85,32. Dengan demkian, ada peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 21,63 % dengan peningkatan rata-rata 9,38.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Co-op Co-op dengan strategi pembelajaran Information Search di kelas XI AK 1 SMK Negeri 1 Medan T.P 2018/2019 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 125 |
Keywords: | Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Penerapan model pembelajaran Co-op Co-op dengan strategi Pembelajaran Information Search |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 10:42 |
Last Modified: | 11 Apr 2019 04:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33846 |