NASUTION, MUTIARA INDAH SARI (2018) PENGARUH KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN ANALISIS TRANSAKSIONAL TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA DENGAN TEMAN SEBAYA PADA SISWA KELAS XI MIA 3 SMA SWASTA PRAYATNA MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143351018_COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM. 1143351018_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
3. NIM. 1143351018_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
4. NIM. 1143351018_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
5. NIM. 1143351018_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM. 1143351018_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 1143351018_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1143351018_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1143351018_BAB I.pdf - Published Version
Download (492kB) | Preview
13. NIM. 1143351018_BAB V.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
14. NIM. 1143351018_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Konseling kelompok pendekatan Analisis Transaksional dalam meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa dengan teman sebaya (pada siswa kelas XI MIA 3 SMA Swasta Prayatna Medan T.A 2017/2018). Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain pre-test dan post-test. Subjek dalam penelitian ini adalah 9 orang siswa yang memiliki
interaksi sosial rendah, yang akan diberikan layanan konseling kelompok dengan menggunakan pendekatan analisis transaksional. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket interaksi sosial, sebanyak 64 butir pernyataan angket interaksi sosial terlebih dahulu diujicobakan dan dianalisis oleh peneliti untuk
mendapatkan angket yang valid dan realiabel. Dan menjadi 50 butir pernyataan angket interaksi sosial sebagai pengumpul data. Dari hasil analisis diperoleh data pre-test siswa rata-rata = 154,7 termasuk kategori rendah dan Standart Deviasi (SDx) = 3,91, sedangkan hasil data post-test
siswa rata-rata = 166,9 termasuk kategori tinggi dan Standart Deviasi (SDy) = 531,00. Teknik uji hipotesis menggunakan rumus uji Wilcoxon (J) yang memperoleh hasil Jhitung = 19 sedangkan harga Jtabel = 6. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n = 9, = 0,05 pengujian dua arah J0,05 = 6. Oleh karena J (19 > 6). Sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel. Dengan demikian dinyatakan ada pengaruh pemberian layanan konseling kelompok terhadap peningkatan interaksi sosial siswa dengan teman sebaya melalui pendekatan analisis transaksional (Pada
siswa kelas XI MIA 3 SMA Swasta Prayatna Medan T.A 2018/2019). Dengan kata lain hipotesis diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BK 069 |
Keywords: | KONSELING KELOMPOK; PENDEKATAN ANALISIS TRANSAKSIONAL; INTERAKSI SOSIAL; TEMAN SEBAYA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 10:34 |
Last Modified: | 11 Apr 2019 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33828 |