ATHARIQ, RARA MAIZURA (2018) HUBUNGAN LINGKUNGAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK DASAR SISWA KELAS X KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI SE-KOTA MADYA MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133311021 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. NIM. 5133311021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (503kB) | Preview
3. NIM. 5133311021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4. NIM. 5133311021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
5. NIM. 5133311021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
6. NIM. 5133311021 TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 5133311021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 5133311021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
9. NIM. 5133311021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (530kB) | Preview
13. NIM. 5133311021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
14. NIM. 5133311021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Adanya hubungan antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar belajar siswa kelas X mata pelajaran Gambar Teknik Dasar di SMK se-Kota Madya Medan. 2) Adanya hubungan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran Gambar Teknik Dasar di SMK se-Kota Madya Medan. 3) Adanya hubungan antara lingkungan dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran Gambar Teknik Dasar di SMK se-Kota Madya Medan. Sebelum penelitian ini dilakukan instrumen penelitian terlebih dahulu di uji cobakan, dilanjutkan dengan uji validitas, Reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya pembeda soal. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan 1) Terdapata hubungan yang positif dan berarti antara lingkungan Belajar dengan Hasil Belajar Menggambar Teknik Dasar Kelas X SMK Negeri Se-Kota Madya Medan. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi yang memberikan hasil nilai rxly > rtabel = 0,2448 > 0,227 dengan harga thitung > ttabel = 2,2841 > 1,992. 2) Terhadap hubungan positif dan berarti antara kemandirian belajar dengan hasil belajar Gambar Teknik Dasar siswa kelas X SMK Negeri se-Kota Madya Medan. Hal ini dibuktikan dari perhitungan korelasi yang memberikan hasil nilay rx2y > rtabel = 0,2543 > 0,227 dengan harga thitung > ttabel = 2,3708 > 1,992. 3) Terdapat Hubungan yang positif dan berarti antara Lingkungan dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Gambar Teknik Dasar siswa kelas X SMK Negeri Se-Kota Madya Medan. Hal ini dibuktikan dari perhitungan korelasi yang memberikan hasil rx1x2y > rtabel = 0,8172 > 0,277 dan diperoleh determinasi R2 sebesar 39,03 yang berarti Lingkungan (X1) dan Kemandirian Belajar (X2) dengan harga hitung fhitung = 41,30 > ftabel = 3,13. Dengan demikian Lingkungan dan Kemandirian Belajar mempunyai hubungan yang positif dan berarti dengan Hasil Belajar Gambar Teknik Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BAN 048 |
Keywords: | Lingkungan; Kemandirian Belajar ; Hasil Belajkar Gambar Teknik Dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > NA Architecture > NA4100 Special classes of buildings > NA4170 Classed by use > NA4171 Public buildings |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 10:23 |
Last Modified: | 11 Apr 2019 03:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33807 |