SYAHDIZA, NURUL ULFA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GEOMATIKA SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133311023 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM. 5133311023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
3. NIM. 5133311023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
4. NIM. 5133311023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5. NIM. 5133311023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. NIM. 5133311023 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 5133311023 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
8. NIM. 5133311023 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
9. NIM. 5133311023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (526kB) | Preview
13. NIM. 5133311023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
14. NIM. 5133311023 BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran jigsaw yang dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Sistem Informasi Geografis pada kompetensi dasar memahami konsep, ruang lingkup, fungsi dan kegunaan SIG di Kelas XI Program Keahlian Teknik Geomatika SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 30 siswa. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes hasil belajar. Dari hasil penelitian pada siklus I observasi hasil belajar sikap siswa terdapat dua aspek yang dinilai yaitu sikap kerjasama dan tanggung jawab kepada 30 orang siswa, dimana siswa yang memperoleh kategori kurang baik sebanyak 5 orang dengan persentase 16,67%, cukup baik sebanyak 12 orang dengan persentase 40,00%, baik sebanyak 8 orang dengan persentase 26,67% dan untuk kategori sangat baik sebanyak 5 orang dengan persentase 16,67% , sedangkan pada siklus II hasil belajar sikap siswa mengalami peningkatan dimana siswa yang memperoleh kategori cukup baik sebanyak 5 orang dengan persentase 16,67%, kategori baik sebanyak 12 orang dengan persentase 40,00% dan untuk kategori sangat baik sebanyak 13 orang dengan persentase 43,33%. Pada siklus I hasil belajar pengetahuan siswa dengan kategori tidak kompeten sebanyak 8 orang dengan persentase 26,67%, cukup kompetensebanyak 15 orang dengan persentase 50,00%, kompeten sebanyak 6 orang dengan persentase 20,00%, dan kategori sangat kompeten sebanyak 1 orang dengan persentase 3,33%, sedangkan pada siklus II hasil belajar pengetahuan siswa mengalami peningkatan dimana kategori cukup kompeten sebanyak 5 orang dengan persentase 16,67%, kompeten sebanyak 14 orang dengan persentase 46,67%, dan kategori sangat kompeten sebanyak 11 orang dengan persentase 36,67%. Pada siklus I hasil belajar keterampilan siswa dengan kategori tidak kompeten sebanyak 12 orang dengan persentase 40,00%, kompeten sebanyak 15 orang dengan persentase 50,00%, dan kategori sangat kompeten sebanyak 3 orang dengan persentase 10,00%, sedangkan pada siklus II hasil belajar keterampilan siswa mengalami peningkatan dimana kategori kompeten sebanyak 22 orang dengan persentase 73,33%, dan kategori sangat kompeten sebanyak 8 orang dengan persentase 26,67%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Model Pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Sistem Informasi Geografis kompetensi dasar memahami konsep, ruang lingkup, fungsi dan kegunaan SIG di Kelas XI Program Keahlian Teknik Geomatika SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BAN 049 |
Keywords: | Model Pembelajaran Jigsaw dan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > NA Architecture > NA4100 Special classes of buildings > NA4170 Classed by use > NA4171 Public buildings |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 10:21 |
Last Modified: | 11 Apr 2019 03:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33804 |