SIBARANI, ROTULUS (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5132111018 COVER.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
2. NIM. 5132111018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (634kB) | Preview
3. NIM. 5132111018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
4. NIM. 5132111018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
5. NIM. 5132111018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM. 5132111018 TABLE.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 5132111018 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 5132111018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 5132111018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (667kB) | Preview
13. NIM. 5132111018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
14. NIM 5132111018 BIBLIOPGRAPHY.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
Abstract
Aktivitas dan hasil belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak pada siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam belum optimal sesuai dengan standart keberhasilan yang telah ditetapkan. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak pada siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Model yang digunakan dalam penelitian adalah model pembelajaran Explicit Instruction. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam yang berjumlah 32 orang. Dari hasil penelitian aktivitas belajar pada siklus I didapatkan hasil 27 orang siswa (84,38 %) siswa dalam kategori aktif sementara pada siklus II didapatkan hasil 32 orang siswa (100%) yang memperoleh kategori aktif maka peningkatan yang terjadi antara siklus I dan II adalah sebesar 15,63% bertambah 5 orang. Sedangkan untuk hasil belajar pada siklus I dari jumlah 32 siswa didapatkan hasil 23 siswa (71,88%) dalam kategori tuntas dengan rata – rata nilai 77,66 sementara pada siklus II didapatkan hasil 32 orang siswa (100%) dalam kategori tuntas dengan rata-rata nilai 82,19 maka peningkatan yang terjadi antara siklus I dan II adalah sebesar 28,12% bertambah 9 orang. Maka dengan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran explicit instruction untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Menggambar Dengan Perangkat Lunak SMK Negeri 1 Lubuk Pakam dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BAN 050 |
Keywords: | AKTIVITAS BELAJAR; HASIL BELAJAR; MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION; MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > NA Architecture > NA4100 Special classes of buildings |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 10:15 |
Last Modified: | 11 Apr 2019 02:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33795 |