MAGHFIRO, ANNISA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI DAN PROPERTI SMK NEGERI 2 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133111006 COVER.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
2. NIM. 5133111006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
3. NIM. 5133111006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
4. NIM. 5133111006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
5. NIM. 5133111006 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM. 5133111006 TABLES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM. 5133111006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
8. NIM. 5133111006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 5133111006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
13. NIM. 5133111006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
14. NIM. 5133111006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh guru bidang studi mekanika teknik yaitu kurangnya aktivitas siswa dalam belajar yang dibuktikan melalui pengamatan sewaktu observasi serta hasil belajar siswa yang masih perlu ditingkatkan lagi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar mekanika teknik melalui penerapan model pembelajaran Problem Solving. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Binjai semester genap Tahun Ajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Properti yang berjumlah 33 orang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dilakukan dalam dua siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting).
Dari hasil penelitian siklus I didapat aktivitas belajar siswa dengan nilai rata-rata 75,19 dalam kategori cukup aktif meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 85,10 dalam kategori aktif. Untuk rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 75,42 dengan kategori cukup kompeten meningkat pada siklus II menjadi 81,82 dengan kategori Kompeten. Hasil penelitian menunjukkan pengajuan hipotesis yang menyatakan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mekanika teknik dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BAN 051 |
Keywords: | PROBLEM SOLVING, LEARNING ACTIVITIES, LEARNING OUTCOMES, ENGINEERING MECHANICS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 09:50 |
Last Modified: | 10 Apr 2019 03:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33767 |