RAHIM, ABDUL (2018) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PENGELASAN DI SMK SWASTA MITRA MANDIRI PANYABUNGAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5132121001 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM. 5132121001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
3. NIM. 5132121001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. NIM. 5132121001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
5. NIM. 5132121001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
6. NIM. 5132121001 TABLES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM. 5132121001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
11. NIM. 5132121001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
12. NIM. 5132121001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kesulitan belajar yang dialami peserta didik di smk swasta mitra mandiri panyabungan pada mata pelajaran teknik pengelasan ditinjau dari berbagai faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa.Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kuantitatif yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan nyata tentang penyebab kesulitan belajar siswa di smk swasta mitra mandiri panyabungan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di smk swasta mitra panyabungan jurusan teknik kendaraan ringan. Sampel dalam penelitian menggunakan cluster random sampling, pengambilan dilakukan dengan cara gugus sehingga diperoleh sampel penelitian 70 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal dan angket /kuesioner dengan teknik skala likert. Uji validitas menggunakan rumus koefisien korelasi product moment, sedangkan reliabilitas instrument menggunakan rumus koefisian alpha. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran teknik pengelasan ditinjau dari faktor jasmani dan kesehatan adalah sebesar 41,4%, diri pribadi sebesar 54,6%, ekonomi dan keluarga sebesar 56,2%, keadaan dan hubungan dalam keluarga sebesar 36,8%, hubungan sosial 33,6% dan pendidikan dan pembelajaran sebesar 47,8%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MSN 062 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 09:50 |
Last Modified: | 10 Apr 2019 03:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33766 |