SIMAMORA, DEVI SYAHPUTRI (2018) ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA MATERI DINAMIKA HIDROSFER KELAS X IPS DI SMA NEGERI 17 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3143331010 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM. 3143331010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (470kB) | Preview
3. NIM. 3143331010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 3143331010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. NIM. 3143331010 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM. 3143331010 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 3143331010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 3143331010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 3143331010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
14. NIM. 3143331010 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
15. NIM. 3143331010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Jenis media pembelajaran geografi pada materi dinamika hidrosfer (2) Penggunaan media pembelajaran pada materi dinamika hidrosfer (3) Respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran geografi pada materi dinamika hidrosfer kelas X IPS di SMA Negeri 17 Medan tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 17 Medan, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X IPS yang berjumlah 110 orang siswa dan sampel dalam penelitian ini ialah siswa kelas X Ips yang berjumlah 45 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik komunikasi tidak langsung, observasi dan dokumenter. Teknik analisis data dalam penelitian ini teknik deskriptif kualitatif yaitu dengan menganalisis dan menyajikan fakta-fakta secara sistematik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Jenis media pembelajaran geografi yang digunakan di kelas X IPS SMA Negeri 17 Medan tahun ajaran 2017/2018 yaitu media audio visual (diam dan bergerak) dan media visual. Adapun media tersebut berupa gambar dan video beserta keterangannya dalam slide power point. (2) Penggunaan media pembelajaran geografi ditinjau dari tujuan yang ingin dicapai, tepat untuk mendukung isi pelajaran, praktis luwes dan bertahan, guru terampil menggunakannya, pengelompokkan sasaran dan mutu teknis di kelas X IPS SMA Negeri 17 Medan tahun ajaran 2017/2018 memperoleh skor 2,76 dengan kategori tinggi. (3) Respon siswa dalam penggunaan media pembelajaran geografi ditinjau dari keinginan untuk bertindak/berpartisipasi aktif, membaca/mendengar, melihat, menimbulkan/ membangkitkan perasaan, menga-mati di kelas X IPS SMA Negeri 17 Medan tahun ajaran 2017/2018 memperoleh skor 2,66 dengan kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 GEO 112 |
Keywords: | BELAJAR, MEDIA, GEOGRAFI |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 09:17 |
Last Modified: | 09 Apr 2019 06:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33727 |