Ginting Suka, Jefry Pranata (2018) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTU MEDIA ANIMASI FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GELOMBANG BUNYI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 4 BINJAI T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143121025 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
2. NIM 4143121025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
3. NIM 4143121025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM 4143121025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
5. NIM 4143121025 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
6. NIM 4143121025 TABLES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. NIM 4142121025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
8. NIM 4143121025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
9. NIM 4143121025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (662kB) | Preview
13. NIM 4143121025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
14. NIM 4143121025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa, serta aktivitas siswa selama penerapan model discovery learning pada siswa kelas XI semester II pada materi Gelombang Bunyi di SMA Negeri 4 Binjai T.P. 2017/2018. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 4 Binjai yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas sampel yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes dalam bentuk essai. Pada kelas eksperimen aktivitas rata-rata siswa dalam tiga kali pertemuan yaitu 70,43%, 73,6%, dan 70,93%. Dari data aktivitas tersebut dapat dilihat bahwa siswa terus aktif dalam mengikuti pembelajaran, sehingga dapat dilihat bahwa ada pengaruh model discovery learning dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi Gelombang Bunyi di kelas XI SMA Negeri 4 Binjai. Uji hipotesis menggunakan uji t.
Dari data penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 30,17 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 26,30. Hasil uji t pretes diperoleh thitung < ttabel = 1,76 < 2,002, berarti kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model Discovery Learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional, diperoleh hasil postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 85,70 dan kelas kontrol 70,46. Hasil uji t postes diperoleh thitung > ttabel = 4,62 > 2,002 maka dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Gelombang Bunyi kelas XI semester II di SMA Negeri 4 Binjai T.P. 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 180 |
Keywords: | discovery learning, aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 05 Apr 2019 11:48 |
Last Modified: | 08 Apr 2019 07:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33708 |