Sitopu, Najamuddin Punantara (2018) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) KELAS XII-TKJ 2 T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123111051 COVER.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
2. NIM. 4123111051 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
3. NIM. 4123111051 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
4. NIM. 4123111051 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
5. NIM. 4123111051 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
6. NIM. 4123111051 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
7. NIM. 4123111051 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
8. NIM. 4123111051 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
9. NIM. 4123111051 BAB I.pdf - Published Version
Download (687kB) | Preview
13. NIM. 4123111051 BAB V.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
14. NIM. 4123111051 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana cara meningkatkan aktivitas peserta didik di SMK Yapim Taruna Sei Rotan T.A. 2017/2018, serta dampak dari meningkatnya aktivitas peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XII TKJ-2 SMK Yapim Taruna Sei Rotan yang berjumlah 29 orang yang terdiri dari 9 siswa dan 20 siswi. Sedangkan objek penelitian adalah aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas XII TKJ-2 SMK Yapim Taruna Sei Rotan. Dengan menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa penggunaan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XII TKJ-2 SMK Yapim Taruna Sei Rotan T.A. 2017/2018. Pada kondisi awal aktivitas belajar siswa masih kurang, kemudian dilakukan tindakan siklus I dan diperoleh data 59,11% siswa lebih mendengarkan/memperhatikan penjelasan guru, dan 9,11% siswa masih melakukan sesuatu yang tidak relevan. Hasil belajar siswa 65,51% atau sebanyak 19 siswa yang mencapai nilai KKM. Kondisi ini dianggap belum memenuhi indikator keberhasilan sehingga dilakukan tindakan siklus II dan diperoleh data 75,37% siswa lebih banyak membaca buku, dan 5,75% siswa melakukan sesuatu yang tidak relevan. Hasil belajar siswa 93,10% atau sebanyak 27 siswa mencapai nilai KKM. Perlakuan tindakan pada penelitian ini ternyata selain meningkatkan aktivitas belajar siswa juga berdampak pada peningkatan hasil belajar peserta didik, karena suasana pembelajaran di kelas jadi lebih menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 170 |
Keywords: | Aktivitas; Hasil Belajar; Numbered Head Together |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 05 Apr 2019 11:21 |
Last Modified: | 08 Apr 2019 04:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33691 |