PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENGETAHUAN PROSEDURAL MATEMATIKA SISWA SMP

Siregar, Nurfauziah (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENGETAHUAN PROSEDURAL MATEMATIKA SISWA SMP. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 081188710001 Judul.pdf] Text
081188710001 Judul.pdf - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of 081188710001 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
081188710001 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 081188710001 Abstrak.pdf]
Preview
Text
081188710001 Abstrak.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 081188710001 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
081188710001 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 081188710001 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
081188710001 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 081188710001 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
081188710001 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 081188710001 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
081188710001 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 081188710001 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
081188710001 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 081188710001 Bab I.pdf]
Preview
Text
081188710001 Bab I.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 081188710001 Bab V.pdf]
Preview
Text
081188710001 Bab V.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 081188710001 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
081188710001 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan pemahaman konsep matematika antara siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. (2) Mengetahui perbedaan pengetahuan prosedural matematika antara siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. (3) Mendeskripsikan ragam jawaban siswa dalam menyelesaikan masalah untuk kedua kelompok dari setiap butir soal pemahaman konsep dan pengetahuan prosedural. (4) Mengetahui ketuntasan belajar siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah. (5) Mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini siswa kelas VIII SMP di Padang Sidempuan yang terakreditasi tahun 2010. Instrumen yang digunakan tes pemahaman konsep, tes pengetahuan prosedural dan angket terhadap respon siswa. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas tes pemahaman konsep sebesar 0,94 dan tes pengetahuan prosedural 0,90. Analisisdata dilakukan dengan analisis deskriptif ditujukan untuk mendeskripsikan ketuntasan belajar siswa, ragam jawaban siswa dan respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran serta analisis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan dalam hal pemahaman konsep antara siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah dibandingkan dengan pembelajaran biasa, dimana dengan pembelajaran berbasis masalah dapat lebih meningkatkan pemahaman konsep siswa dibanding dengan pembelajaran biasa, (2) terdapat perbedaan dalam hal pengetahuan prosedural antara siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah dibandingkan dengan pembelajaran biasa, dimana dengan pembelajaran berbasis masalah dapat lebih meningkatkan pengetahuan prosedural matematika siswa dibanding dengan pembelajaran biasa, (3) Ragam jawaban siswa dalam pembelajaran berbasis masalah lebih bervariasi jika dibandingkan dengan jawaban siswa dalam pembelajaran biasa, (4) pemahaman konsep siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih baik yaitu dengan persentase ketuntasan sebesar 77,14% dan pengetahuan prosedural siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masa1ah lebih baik yaitu dengan persentase ketuntasan sebesar 88,57%, (5) terdapat respon yang positif siswa terhadap kegiatan pembelajan berbasis masalah. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan agar pembelajaran berbasis masalah dapat dijadikan altematif bagi guru matematika untuk dikembangkan sebagai strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan pengetahuan prosedural matematika siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Sir p
Keywords: Matematika; Pengetahuan prosedural; Pemahaman konsep; Pembelajaran biasa; Pembelajaran berbasis masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 18 May 2016 02:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3369

Actions (login required)

View Item
View Item