SILALAHI, IVAN (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU KERJA NPADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4113131029 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. 4113131029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
3. 4113131029 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. 4113131029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
5. 4113131029 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. 4113131029 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. 4113131029 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. 4113131029 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. 4113131029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
13. 4113131029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
14. 4113131029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan menggunakan media kartu kerja lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran kooperatif tipe TGT tanpa menggunakan media kartu kerja. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri I Tigalingga yang terdistribusi pada 7 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 245 orang. Sampel penelitian diambil secara random sampling, sehingga kelas X-3 merupakan kelas eksperimen dan kelas X-6 merupakan kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang dbelajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan menggunakan media kartu kerja, sedangkan kelas kontrol adalah kelas yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe TGT tanpa menggunakan media kartu kerja. Alat pengumpul data dalam penelitian ini merupakan tes hasil belajaar yang berupa tes pilihan berganda (multiple choice), yang diberikan sebelum (pretes) dan sesudah pembelajaran (postes). Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dengan menggunakan media kartu kerja (64,14±8,95) lebih tinggi dibandingkan tanpa menggunakan media kartiu kerja (26,71±7,16). Analisis statistik menunjukkan bahwa pengaruh pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan menggunakan media kartu kerja lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran kooperatif tipe TGT tanpa menggunakan media kartu kerja ( pengujian hipotesis dengan uji t satu pihak/ pihak kanan diperoleh bahwa harga thitung > t tabel atau 5,59 > 1,99 dan dk 67). Dengan melihat keberhassilan pengajaran menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT menggunakan media kartu kerja maka perlu diaplikasikan penelitian ini dalam pengajaran materi kimia lainnya ataupun diluar mata pelajaran kimia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 161 |
Keywords: | Pernelitian Eksdperimen, Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT, Media Kartu Kerja, Hasil Belajar Siswa, Ikatan Kimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 05 Apr 2019 11:10 |
Last Modified: | 08 Apr 2019 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33680 |