SILALAHI, ASRI EVANGELISTA (2018) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PEMBUATAN POLA BLOUSE KELAS XI TATA BUSANA SMK NEGERI 1 LAGUBOTI T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5132141002 COVER .pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
2. NIM. 5132141002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
3. NIM. 5132141002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM. 5132141002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 5132141002 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
6. NIM. 5132141002 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
7. NIM. 5132141002 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
8. NIM. 5132141002 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
9. NIM. 5132141002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
13. NIM. 5132141002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 5132141002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
blouse dengan menggunakan media pembelajaran berbasis video tutorial. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan prosedur perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI Tata Busana SMK Negeri 1 Laguboti. Pengamblan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling, yakni kelas XI Tata Busana 1 sebagai sampel penelitian yang berjumlah 30 orang siswa.
Instrumen penelitian ini adalah lembar pengamatan untuk menjaring data sesuai dengan indikator yang ditetapkan. Data di analisa melalui tahap Perhitungan Rata-rata (mean), Standart Deviasi (SD), dan Distribusi Frekuensi. Pada siklus I dilaksanakan prosedur penelitian dengan tahap prencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh pada pembuatan pola blouse siklus I, diperoleh t ingkat kecenderungan yang paling banyak yaitu sebanyak 24 (80%) siswa, yang memiliki nilai tuntas ada 6 (20%) siswa dan yang memiliki nilai tidak tuntas ada 24 (80%) siswa. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahawa hasil belajar pembuatan pola blouse pada siklus I masih tergolong rendah. Setelah dilakukan refleksi pada siklus I dengan perolehan nilai siswa masih rendah, maka penelitian dilanjutkan pada siklus II.
Pada siklus II dilaksanakan prosedur penelitian yang sama dengan siklus I yaitu dengan tahap prencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan data yang diperoleh pada pembuatan pola blouse siklus II, maka tingkat kecenderungan yang paling banyak yaitu sebanyak 18 (60%) siswa. Siswa yang memiliki nilai tuntas yaitu sebanyak 27 (90%) siswa dan yang memiliki nilai yang tidak tuntas ada 3 (10%) siswa dengan nilai tertinggi 93 dan nilai terendah 73 dengan rata-rata nilai 85,4. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahawa hasil belajar pembuatan pola blouse pada siklus II sudah tergolong sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BSN 038 |
Keywords: | Media Video Tutorial, Hasil Belajar Membuat Pola Blouse |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs > GT500 Costume. Dress. Fashion L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 05 Apr 2019 10:47 |
Last Modified: | 05 Apr 2019 04:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33661 |