TANJUNG, TAUFIK AKBAR (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOVERATIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK HIKAYAT OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BARUS 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2111511007 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM 2111511007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (761kB) | Preview
3. NIM 2111511007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4. NIM 2111511007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
5. NIM 2111511007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM 2111511007 TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM 2111511007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 2111511007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
12. NIM 2111511007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
13. NIM 211511007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik hikayat oleh siswa kelas XI SMAN 1 Barus 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mengidentifikasi unsir intrinsik hikayat yang diajarkan dengan model pembelajaran Cooverative Learning lebih berpengaruh dibanding kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik yang diajar dengan metode pembelajaran tanya jawab pada siswa kelas XISMAN 1 Barus 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Barus. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XISMAN1 Barus 2016/2017 yang berjumlah 158 siswa. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Alat yang digunakan untuk mengetahui hasil penelitian ini adalah tes essay. Tes essay yang dimaksud adalah menugaskan siswa untuk mengidentifikasi unsur intrinsik hikayat. Sebelum melaksanakan tes, terlebih dahulu siswa diberi penjelasan tentang materi yang sama pada kelompok tersebut, yaitu kelompok eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning dan kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran tanya jawab.Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, standar error, uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata siswa kelas eksperimen = 79,77 dengan standar deviasi = 9,64 dan standar error = 1,79. Sedangkan nilai rata-rata siswa kelas kontrol = 73,57 dengan standar deviasi = 9 dan standar error = 1,67.Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (Lhitung< Ltabel) dan homogen (Fhitung< Ftabel). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh thitung> ttabel (2,780>1,671), yang berarti hipotesis dapat diterima pada taraf signifikan 95% atau α 0,05% dengan dk= n1+ n2-2 = 58.
Dengan demikian dapat Disimpulkan bahwa kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik hikayat yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooverative Learninglebih berpengaruh dibandingkan kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik yang diajarkan dengan Model Pembelajaran tanya jawab pada siswa kelas XI SMAN 1 Barus 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 149 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN COOVERATIVE LEARNING, KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK HIKAYAT |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 05 Apr 2019 10:33 |
Last Modified: | 05 Apr 2019 04:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33655 |