Sinaga, Tiomaria (2018) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BUDI PEKERTI BERBASIS BUDAYA SIMALUNGUN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS IV SD DI KABUPATEN SIMALUNGUN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156122054 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM. 8156122054 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (737kB) | Preview
3. NIM. 8156122054 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
4. NIM. 8156122054 PREFACE.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
5. NIM. 8156122054 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
6. NIM. 8156122054 TABLES.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
7. NIM. 8156122054 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
8. NIM. 8156122054 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 8156122054 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (710kB) | Preview
13. NIM. 8156122054 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
13. NIM. 8156122054 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Model Pembelajaran Budi Pekerti Berbasis Budaya Simalungun yang layak digunakan, efektifitas, dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas pada mata pelajaran PKn materi “Keragaman Budaya Bangsaku”. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan di Kelas IV SD 091473 PLUS Tigabalata. Penelitian ini mengacu pada model penelitian dan pengembangan F-D oleh Thiagrajan yang dalam pelaksanaannya meneliti dan menguji untuk mengembangkan produk yang telah ada. Sampel dalam penelitian dan pengembangan ini adalah kelas IV SD berjumlah 50 orang peserta didik. Model pembelajaran yang dikembangkan sebelum diuji coba telah memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan penilaian 4 orang ahli, 2 orang budayawan, dan 2 orang praktisi. Hasil validasi ahli desain instruksional (92,36% = sangat baik), hasil validasi ahli materi ( 94,35% = sangat baik). Hasil validasi budayawan terhadap desain instruksional (92,25% = sangat baik), hasil validasi budayawan terhadap materi 92,10 = sangat baik) %. Hasil validasi praktisi sebagai pelaksana pembelajaran dilokasi penelitian terhadap desain instruksional (92,04% = sangat baik), dan hasil validasi praktisi terhadap materi (95,08)% = sangat baik). Model pembelajaran yang efektif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, berdasarkan ujicoba pre-test dan post-test. Hasil uji hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik yang di belajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Budi Pekerti Berbasis Budaya Simalungun dengan hasil belajar yang dibelajarkan tanpa Model Pembelajaran Budi Pekerti Perbasis Budaya Simalungun. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data diperoleh thitung =1,21> ttabel = 0,2647 dengan dk = (n1-n2-2) pada taraf signifikan α = 0,05. Disimpulkan efektifitas penggunaan model pembelajaran budi pekerti berbasis budaya Simalungun sebesar 20,52 sedangkan tanpa menggunakan model sebesar 15,84.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 370.114 Sin p |
Keywords: | Model Pembelajaran, Budi Pekerti, Pendidikan Kewarganegaraan Simalungun |
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Mar 2019 03:02 |
Last Modified: | 18 Mar 2019 03:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33578 |