Ramadhani, Lailly (2019) PENGEMBANGAN BUKU AJAR SERANGGA PENYERBUK DI TAMAN BERBASIS RISET. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156173009 COVER.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
2. NIM. 8156173009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
3. NIM. 8156173009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
4. NIM. 8156173009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
5. NIM. 8156173009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. NIM. 8156173009 TABLES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. NIM. 8156173009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM. 8156173009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. NIM. 8156173009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
13. NIM. 8156173009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
14. NIM. 8156173009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dan kelayakan pengembangan buku ajar serangga penyerbuk di taman berbasis riset. Subjek dalam penelitian ini adalah (1) dua orang dosen ahli materi; (2) satu orang dosen ahli desain layout book; (3) satu orang dosen ahli desain pembelajaran; (4) satu orang dosen pengampu matakuliah Ekologi Hewan dan (5) mahasiswa Pendidikan Biologi/ Biologi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D modifikasi dengan 3 tahap yaitu define, design, dan development. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) validasi konten/materi dinilai berdasarkan kelengkapan materi, keakuratan materi, kemutakhiran materi, penyajian materi dan kebahasaan memiliki nilai rata-rata 92,8% (sangat baik); (2) validasi desain layout buku ajar dinilai dengan beberapa aspek yaitu format buku, tata letak sampul, tipografi sampul, tata letak isi, tipografi isi, dan ilustrasi / gambar isi buku memiliki nilai rata-rata yaitu 86,3% (sangat baik); (3) validasi desain pembelajaran dinilai berdasarkan aspek cakupan materi, penyajian materi, komunikatif, lugas, penggunaan istilah, simbol dan ikon, efek pembelajaran, ketersediaan latihan, dan penilaiaan produk memiliki nilai rata-rata 83,7% (baik); (4) tanggapan dosen pengampu matakuliah Ekologi Hewan, buku ini sangat bagus dengan persentase 88% dan (5) tanggapan mahasiswa menunjukkan bahwa buku ajar ini baik, tanggapan uji coba perorangan yaitu 83,3%, 82% untuk uji coba kelompok kecil, 86,2% untuk uji coba kelompok terbatas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa buku ajar berbasis riset yang dikembangkan telah layak dan dapat digunakan sebagai bahan untuk memperoleh informasi lain selain buku pedoman mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 571.8 Ram p |
Keywords: | pengembangan buku ajar, serangga penyerbuk, ekologi hewan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Mar 2019 10:16 |
Last Modified: | 12 Mar 2019 10:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33558 |