Ramadhani, Lailly (2019) PENGEMBANGAN BUKU AJAR SERANGGA PENYERBUK DI TAMAN BERBASIS RISET. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156173009 COVER.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
2. NIM. 8156173009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
3. NIM. 8156173009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
4. NIM. 8156173009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
5. NIM. 8156173009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. NIM. 8156173009 TABLES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. NIM. 8156173009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM. 8156173009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. NIM. 8156173009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
13. NIM. 8156173009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
14. NIM. 8156173009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dan kelayakan pengembangan buku ajar serangga penyerbuk di taman berbasis riset. Subjek dalam penelitian ini adalah (1) dua orang dosen ahli materi; (2) satu orang dosen ahli desain layout book; (3) satu orang dosen ahli desain pembelajaran; (4) satu orang dosen pengampu matakuliah Ekologi Hewan dan (5) mahasiswa Pendidikan Biologi/ Biologi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D modifikasi dengan 3 tahap yaitu define, design, dan development. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) validasi konten/materi dinilai berdasarkan kelengkapan materi, keakuratan materi, kemutakhiran materi, penyajian materi dan kebahasaan memiliki nilai rata-rata 92,8% (sangat baik); (2) validasi desain layout buku ajar dinilai dengan beberapa aspek yaitu format buku, tata letak sampul, tipografi sampul, tata letak isi, tipografi isi, dan ilustrasi / gambar isi buku memiliki nilai rata-rata yaitu 86,3% (sangat baik); (3) validasi desain pembelajaran dinilai berdasarkan aspek cakupan materi, penyajian materi, komunikatif, lugas, penggunaan istilah, simbol dan ikon, efek pembelajaran, ketersediaan latihan, dan penilaiaan produk memiliki nilai rata-rata 83,7% (baik); (4) tanggapan dosen pengampu matakuliah Ekologi Hewan, buku ini sangat bagus dengan persentase 88% dan (5) tanggapan mahasiswa menunjukkan bahwa buku ajar ini baik, tanggapan uji coba perorangan yaitu 83,3%, 82% untuk uji coba kelompok kecil, 86,2% untuk uji coba kelompok terbatas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa buku ajar berbasis riset yang dikembangkan telah layak dan dapat digunakan sebagai bahan untuk memperoleh informasi lain selain buku pedoman mahasiswa.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | 571.8 Ram p |
| Keywords: | pengembangan buku ajar, serangga penyerbuk, ekologi hewan |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction |
| Depositing User: | Mr Maknun |
| Date Deposited: | 12 Mar 2019 10:16 |
| Last Modified: | 12 Mar 2019 10:16 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33558 |
