PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI SMP NEGERI 1 BERASTAGI T.A 2017/2018

SITANGGANG, AGUSTUS (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI SMP NEGERI 1 BERASTAGI T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4123311003 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4123311003 COVER.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4123311003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4123311003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4123311003 RIWAYAT-HIDUP.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4123311003 RIWAYAT-HIDUP.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4132311003 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4132311003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (916kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4123311003 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4123311003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (439kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4123311014 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4123311014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4123311003 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4123311003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4123311003 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4123311003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4123311003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4123311003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 4123311003 BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 4123311003 BAB I.pdf - Published Version

Download (860kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4123311003 BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4123311003 BAB V.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 4123311003 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 4123311003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Contextual Teaching And Learning dengan tipe Discovery Learning di kelas VIII
SMP Negeri 1 Berastagi pada topik kubus dan balok. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi eksperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Berastagi yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah seluruh siswa 248 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling atau set9iap kelas memiliki peluang yang sama untuk
dijadikan sampel. Maka terpilih lah kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen I yang berjumlah 30 siswa dan kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen 2 yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini menggunakan instrument dalam bentuk tes uraian yaitu posttest yang digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Instrumen tes tersebut sebelumnya divalidasi oleh 4 orang alidator yang terdiri dari 2 orang dosen matematika, 1 orang guru matematika, dan 25 orang siswa kelas IX. Dari hasil penelitian setelah diberi perlakuan selama dua kali pertemuan, yaitu pada kelas eksperimen 1 dengan model Contextual Teaching And Learning diperoleh nilai rata-rata sebesar 73,62 dan kelas eksperimen 2 dengan model Discovery Learning diperoleh nilai rata-rata sebesar 56,4. Hasil uji t dua arah dengan dk = 57 dan dengan kriteria penerimaan yaitu
atau yaitu atau , sehingga diterima. Sehingga disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar model Contextual Teaching And Learning lebih tinggi dari model Discovery Learning, dimana secara keseluruhan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen 1 (CTL) berbeda dengan kelas eksperimen 2 (DL) di SMP Negeri 1 Berastagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 MAT 100
Keywords: KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH, CONTEXTUAL TEQACHING AND LEARNING, DISCOVERY LEARNING
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 11 Mar 2019 15:32
Last Modified: 28 Mar 2019 02:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33376

Actions (login required)

View Item
View Item