SIDABUTAR, HENDRA F (2018) RANCANG BANGUN MEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK KELAS X TITL SMK NEGERI 2 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5113131019 COVER.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
2. NIM 5113131019 APPROVAL OF SHEET.pdf - Published Version
Download (678kB) | Preview
3. NIM 5113131019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
4. NIM 5113131019 PREPACE.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
5. NIM 5113131019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
6. NIM 5113131019 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM 5113131019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
8. NIM 5113131040 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM 5113131019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (515kB) | Preview
13. NIM 5113131019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
14. NIM 5113131019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan program Adobe Flash CS6 pada mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik untuk siswa kelas X TITL SMK Negeri 2 Medan dan mengetahui apakah media
pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Medan, Jl. STM No.12A Medan, Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Secara umum, penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk membangun sebuah produk. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini termasuk jenis Reasearch and Development (R&D) dimana tahapan ini dimulai dari melihat permasalahan yang dapat diatasi dengan aplikasi multimedia, setelah masalah
ditemukan maka dikumpulkan data-data yang dibutuhkan untuk membangun media, tahapan selanjutnya desain produk multimedia. Pada tahapan desain ini digunakan model ADDIE,
setelah desain terbentuk maka aplikasi multimedia divalidasi oleh ahli media dan ahli materi, setelah dinyatakan layak maka dilakukan uji coba skala kecil dan direvisi awal setelah diperbaiki dilakukan kembali uji coba skala besar dan dihitung jika masih perlu dilakukan revisi maka dilakukan revisi kembali, jika tidak ada revisi maka aplikasi multimedia interaktif ini dapat diproduksi tau dipublikasikan. Dari data yang diperoleh melalui angket yang telah valid dari ahli media dan ahli materi maka diperoleh skor 4,27 (Sangat Baik) dari ahli media dan skor 4,33 (Sangat Baik) dari ahli materi. Untuk tahapan uji coba kepada siswa dilakukan 2 tahapan uji coba, tahapan
skala kecil diperoleh validasi sebesar 4,32 dan tahapan skala besar diperoleh skor 4,42 maka validasi dari siswa diperoleh sebesar 4,37 atau sangat baik. Dari hasil validasi yang diperoleh dari ahli media dan ahli materi dan siswa maka multimedia ini dinyatakan sangat baik dan sangat layak digunakan untuk mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik di kelas X SMK Negeri 2 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ELK 040 |
Keywords: | multimedia interaktif; Research and Development (R&D); ADDIE; validasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 15:06 |
Last Modified: | 27 Mar 2019 04:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33363 |