HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA BERITA SURAT KABAR DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PEGAJAHAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Putri, Arum Sindang (2018) HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA BERITA SURAT KABAR DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PEGAJAHAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM 2133111007 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM 2133111007 COVER.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM 2133111007 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. NIM 2133111007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (684kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM 2133111007 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03. NIM 2133111007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM 2133111007 ACNOWLEDGEMENT.pdf]
Preview
Text
04. NIM 2133111007 ACNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM 2133111007 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
05. NIM 2133111007 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM 2133111007 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
06. NIM 2133111007 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM 2133111007 LIST OF PICTURE.pdf]
Preview
Text
07. NIM 2133111007 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM 2133111007 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
08. NIM 2133111007 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 09. NIM 2133111007 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
09. NIM 2133111007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2133111007 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2133111007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 2133111007 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 2133111007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kemampuan Membaca Berita Surat Kabar dengan Kemampuan Menulis Teks Berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pegajahan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan data tes pilihan berganda sebanyak 25 soal dan 1 tes esai. Populasi penelitian ini berjumlah 258 siswa. Dalam penelitian ini, populasi terdiri dari 6 kelas. Untuk menentukan sampel, penelitian ini menggunakan teknik random samplin (acak) dan pilih satu kelas untuk dijadikan sampel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan itu. Jadi, analisis korelasional yang digunakan dalam pengolahan data dalam penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara dua variabel, hubungan kemampuan membaca berita surat kabar dengan kemampuan menulis teks berita. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam membaca berita surat kabar termasuk kategori baik dengan nilai rata-rata 53,54, sedangkan kemampuan siswa dalam menulis teks berita termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 65,68. Selanjutnya sesuai dengan kriteria pengujian dengan uji “r” maka hubungan variabel X dengan Y pada penelitian ini merupakan korelasi yang signifikan, sehingga semakin baik kemampuan membaca berita surat kabar oleh siswa maka semakin baik pula kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pegajahan tahun pembelajaran 2017/2018 dalam menulis teks berita.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 IND 085
Keywords: Hubungan kemampuan, membaca, menulis, berita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 11 Mar 2019 14:48
Last Modified: 04 Apr 2019 07:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33353

Actions (login required)

View Item
View Item