Putri, Arum Sindang (2018) HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA BERITA SURAT KABAR DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PEGAJAHAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 2133111007 COVER.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
02. NIM 2133111007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (684kB) | Preview
03. NIM 2133111007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
04. NIM 2133111007 ACNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
05. NIM 2133111007 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
06. NIM 2133111007 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
07. NIM 2133111007 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
08. NIM 2133111007 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
09. NIM 2133111007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
13. NIM 2133111007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM 2133111007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kemampuan Membaca Berita Surat Kabar dengan Kemampuan Menulis Teks Berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pegajahan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan data tes pilihan berganda sebanyak 25 soal dan 1 tes esai. Populasi penelitian ini berjumlah 258 siswa. Dalam penelitian ini, populasi terdiri dari 6 kelas. Untuk menentukan sampel, penelitian ini menggunakan teknik random samplin (acak) dan pilih satu kelas untuk dijadikan sampel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan itu. Jadi, analisis korelasional yang digunakan dalam pengolahan data dalam penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara dua variabel, hubungan kemampuan membaca berita surat kabar dengan kemampuan menulis teks berita. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam membaca berita surat kabar termasuk kategori baik dengan nilai rata-rata 53,54, sedangkan kemampuan siswa dalam menulis teks berita termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 65,68. Selanjutnya sesuai dengan kriteria pengujian dengan uji “r” maka hubungan variabel X dengan Y pada penelitian ini merupakan korelasi yang signifikan, sehingga semakin baik kemampuan membaca berita surat kabar oleh siswa maka semakin baik pula kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pegajahan tahun pembelajaran 2017/2018 dalam menulis teks berita.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 085 |
Keywords: | Hubungan kemampuan, membaca, menulis, berita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 14:48 |
Last Modified: | 04 Apr 2019 07:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33353 |