AMBARSARI, ZUKHRUF (2018) KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK 3M (MENGAMATI, MENIRU, MENGEMBANGKAN) OLEH SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2141111044 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM 2141111044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
3. NIM 2141111044 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM 2141111044 PREFACE.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
5. NIM 2141111044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM 2141111044 TABLE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM 2141111044 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 2141111044 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 2141111044 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
13. NIM 2141111044 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM 2141111044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan teknik 3M (Mengamati, Meniru, Mengembangkan) oleh siswa kelas XI SMK Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 2 Medan tahun pembelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 18 kelas dengan jumlah 568 orang. Sampel yang diambil adalah 60 orang dari jumlah kelas yang telah ditentukan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian quasi eksperimen dengan model two-group posttest design. Nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 8.33 termasuk dalam kategori baik, sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 64.5 termasuk dalam kategori cukup. Sebelum dilakukan pengujian data terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa data berdistribusi normal. Setelah dilakukan perhitungan uji normalitas Lhitung < Ltabel pada taraf signifikan. Hasil uji normalitas untuk data kelas eksperimen ialah (0.14< 0.16 ), kelas kontrol (0.11 < 0.16 Hasil uji homogenitas kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks ialah Xhitung < Xtabel (0,66 < 42.6) dan uji hipotesis thitung > ttabel (9.41 > 2.01). Jadi, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan teknik 3M (Mengamati, Meniru, Mengembangkan) lebih baik dibandingkan kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan teknik konvensional oleh siswa kelas XI SMK Negeri 2 Medan tahun pembelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 082 |
Keywords: | Kemampuan; Menulis; Teks Eksplanasi Kompleks; Teknik 3m (Mengamati, Meniru, Mengembangkan) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 14:36 |
Last Modified: | 27 Mar 2019 02:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33347 |