SILITONGA, S. LEONARDO (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF DI SMK SWASTA PARULIAN 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133122024 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM. 5133122024 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
3. NIM. 5133122024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4. NIM. 5133122024 KPREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 5133122024 LIST OF CONTENS.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM. 5133122024 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM. 5133122024 LIST OF PICTURES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 5133122024 LIST OF APPENDICCES.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
9. NIM. 5133122024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
13. NIM. 5133122024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
14. NIM. 5133122024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah secara keseluruhan hasil belajar menerapkan sistem hidrolik dan pneumatic mencapai nilai KKM pada program teknik otomotif siswa kelas X SMK Swasta Parulian 3 Medan dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning, (2) mengetahui apakah hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Project Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa pada model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar menerapkan sistem hidrolik dan pneumatik pada program teknik otomotif siswa kelas X SMK Swasta Parulian 3. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Swasta Parulian 3 Medan yang berjumlah 90 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, sehingga jumlah sampel penelitian adalah 60 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar Menerapkan Sistem Hidrolik dan Pneumatik. Uji persyaratanan alisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada kompetensi dasar menerapkan sistem hidrolik dan pneumatic menggunakan model pembelajaran Project Based Learning diperoleh nilai pengetahuan dengan rata-rata sebesar 77,2, standar deviasi 6,488 dan nilai keterampilan dengan rata-rata sebesar 83,2, standar deviasi 4,33. Sedangkan kelas yang menggunakan model pembelajaran Konvensional diperoleh nilai pengetahuan dengan rata-rata 71,33, standar deviasi 8,539 dan nilai keterampilan dengan rata-rata sebesar 79, standar deviasi 4,11. Hasil uji-t pengetahuan diperoleh nilai t_hitung > t_tabel, sedangkan hasil uji-t keterampilan diperoleh nilai t_hitung > t_tabel yang artinya bahwa hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan hasil belajar Teknologi Dasar Otomotif siswa Kelas X TKR SMK Swasta Parulian 3 Medan tahun ajaran 2017/2018 yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 OTM 006 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN , PROJECT BASED LEARNING, KONVENSIONAL, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 14:23 |
Last Modified: | 26 Mar 2019 04:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33336 |