PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN PERAWATAN TANGAN DAN MEWARNAI KUKU DI SMK NEGERI 10 MEDAN

LUBIS, SYAHRI RAMADHANI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN PERAWATAN TANGAN DAN MEWARNAI KUKU DI SMK NEGERI 10 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 5133144039 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 5133144039 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 2. 5133144039 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. 5133144039 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 3. 5133144039 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. 5133144039 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 4. 5133144039 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. 5133144039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 5. 5133144039 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. 5133144039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 6. 5133144039 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. 5133144039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 7. 5133144039 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. 5133144039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 8. 5133144039 BAB I.pdf]
Preview
Text
8. 5133144039 BAB I.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 12. 5133144039 BAB V.pdf]
Preview
Text
12. 5133144039 BAB V.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 13. 5133144039 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. 5133144039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar pengetahuan perawatan tangan dan mewarnai kuku dengan model pembelajaran konvensional siswa kelas X tata kecantikan SMK Negeri 10 Medan. Untuk mengetahui hasil belajar pengetahuan perawatan tangan dan mewarnai kuku
dengan model pembelajaran inkuiri siswa kelas X tata kecantikan SMK Negeri 10 Medan. untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar pengetahuan perawatan tangan dan mewarnai kuku pada siswa kelas X tata kecantikan SMK Negeri 10 Medan Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Sampel dari penelitian ini sebanyak 60 orang siswa yang diambil dari 2 kelas yaitu 30 orang siswa kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri dan 30 orang siswa kelas control yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes yang berbentuk pilihan berganda sebanyak 50 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji parametric yaitu
uji t. Hasil dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas X tata kecantikan SMK Negeri 10 Medan pada materi pengetahuan perawatan tangan dan mewarnai kuku pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri berada pada
kategori baik sebesar 82,07. Hasil belajar siswa kelas X tata kecantikan SMK Negeri 10 Medan pada materi pengetahuan perawatan tangan dan mewarnai kuku pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional berada pada kategori rendah sebesar 69,83. Terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar pengetahuan perawatan tangan dan mewarnai kuku pada siswa kelas X tata kecantikan SMK Negeri 10 Medan. Hal ini dibuktikan dari hasil uji statistic yaitu diperoleh = 5,97 dan t = 2,00 dengan α = 0,05 dan dk = 58 sehingga sehingga t > t atau 5,97 > 2,00.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 RIAS 028
Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri, Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, Pengetahuan Perawatan Tangan, Mewarnai Kuku
Subjects: K Law > K Law (General) > K520 Comparative law. International uniform law > K3625 Food. Drugs. Cosmetics
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 11 Mar 2019 13:46
Last Modified: 22 Mar 2019 04:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33306

Actions (login required)

View Item
View Item