Hutabarat, Magda (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS IV SDN 106453 SUKADAMAI KEC. SEI BAMBAN KAB. SERDANG BEDAGAI T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143311032_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1143311032_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
3. NIM. 1143311032_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 1143311032_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
5. NIM. 1143311032_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
6. NIM. 1143311032_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 1143311032_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
8. NIM. 1143311032_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
9. NIM. 1143311032_BAB I.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
13. NIM. 1143311032_BAB V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
14. NIM. 1143311032_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Perkembangan Teknologi di Indonesia dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di kelas IV SDN No. 106453 Suka damai. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Tindakan dilakukan dalam dua siklus dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 106453 Suka Damai Kec. Sei Bamban Kab. Serdang Bedagai T.A 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 25 orang yang terdiri dari 10 perempuan dan 15 laki-laki. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes dan observasi. Tes yang diberikan
sebanyak 20 berbentuk soal pilihan berganda. Tes dilakukan sebanyak 3 kali yaitu pretes, tes siklus I dan II. Sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa. Hasil tindakan siklus I dan II dengan menggunakan model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Jigsaw pada mata pelajaran IPS tentang perkembangan teknologi. Berdasarkan analisis data, pada kondisi awal sejumlah 25 orang siswa diperoleh hasilnya 6 siswa yang mengalami ketuntasan dengan persentase klasikal
24% dan 19 siswa yang belum tuntas dengan persentase klasikal 76%. Kemudian dilakukan tindakan siklus I dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif
tipe jigsaw dan diperoleh hasil dari 25 siswa, 15 siswa tuntas dengan persentase klasikal 60% dan 10 siswa yang belum tuntas dengan persentase klasikal 40%. Perolehan hasil belajar pada siklus I meningkat namun perlu ditingkatkan, maka ditindaklanjuti pada siklus II dengan perolehan hasil yaitu dari 25 siswa 23 siswa yang tuntas dengan persentase klasikal 92% dan 2 orang siswa yang tidak tuntas dengan persentase klasikal 8%. Hasil obsevasi pada proses belajar siswa diperoleh rata-rata kelas pada siklus I sebesar 70 (Baik) dan meningkat pada siklus II sebesar 90 (sangat baik). Pada hasil observasi aktivitas guru mengajar pada siklus I diperoleh rata-rata 75 (Baik) pada siklus II meningkat dengan rata-rata 92,18 (Sangat Baik). Dengan demikian disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif
Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada materi Perkembangan Teknologi dikelas IV SDN 106453 Suka Damai T.A 2017/2018. Disarankan agar guru menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe jigsaw pada mata pelajaran IPS materi Perkembangan Teknologi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 124 |
Keywords: | Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 11:25 |
Last Modified: | 19 Mar 2019 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33262 |