AMBARITA, SAHAT PARULIAN (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK MESIN PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK MESIN SMK YPT PANGKALAN SUSU T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 5113121038 COVER.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
2. 5113121038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
3. 5113121038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
4. 5113121038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
5. 5113121038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. 5113121038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
7. 5113121038 TABLES.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
8. 5113121038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
12. 5113121038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
13. 5113121038 BIBLIOGRARAPHY.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X pada Mata Pelajaran Menggambar Teknik Mesin SMK YPT Pangkalan Susu melalui penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus meliputi empat tahap kegiatan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, angket, dan tes tertulis. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan presentase yang dilakukan dengan mendeskripsikan data kuantitatif yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning terbukti dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X pada Mata Pelajaran menggambar Teknik mesin SMK YPT Pangkalan Susu Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini didukung dengan data penelitian yang menunjukkan peningkatan skor Motivasi Belajar Menggambar Teknik Mesin berdasarkan pedoman observasi sebesar 9,8% dimana skor pada siklus I 75,39% meningkat menjadi 85,19% pada siklus II. Berdasarkan angket yang didistribusikan kepada siswa juga terjadi peningkatan sebesar 5,46%, skor pada siklus I sebesar 76,68% meningkat menjadi 82,41% pada siklus II. Dari data Prestasi Belajar Menggambar Teknik Mesin yang diperoleh, nilai ratarata posttest pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 1,5 dimana pada siklus I nilai rata-rata posttest siswa 7,2 meningkat menjadi 8,70 pada posttest siklus II serta naiknya persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dari 66,67% pada siklus I meningkat menjadi 100% pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MSN 027 |
Keywords: | PROBLEM BASED LEARNING, MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK MESIN |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ1125 Machine shops and machine shop practice |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 11:00 |
Last Modified: | 18 Mar 2019 06:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33240 |