Sribina, Nuraini (2011) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SQUARE MENGGUNAKAN AUTOGRAPH DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SQUARE TANPA AUTOGRAPH. Masters thesis, UNIMED.
1-081188730060 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
2-081188730060 Abstrak.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
3-081188730060 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
4-081188730060 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5-081188730060 Bab V.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
6-081188730060 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (474kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatiftipe ThinkPair-Square menggunakan Autograph lebih baik dari kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Square tanpa Autograph dengan analisis statistik inferensial (2) mendeskripsikan ketuntasan belajar siswa secara klasikal dalam pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Square menggunakan Autograph, (3) mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Square menggunakan Autograph, (4) mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe ThinkPair-Square menggunakan Autograph, (5) mendeskripsikan variasi jawaban siswa di kedua pembelajaran.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen di SMA Negeri 1 Tebing Tinggi. Pemilihan sampel dilakukan secara random. Penelitian ini diawali dengan tes ujicoba perangkat dan instrumen penelitian. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif ditujukan untuk mendeskripsikan ketuntasan, aktifitas, respon, dan variasi jawaban siswa. Analisis inferensial yang digunakan adalah analisis dengan uji-t satu pihak.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Square menggunakan Autograph lebih baik yaitu dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 80% sedangkan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Square tanpa Autograph memperoleh ketuntasan belajar sebesar 30,3% (2) ketuntasan belajar secara klasikal adalah tercapai, (3) aktivitas siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Square menggunakan Autograph adalah baik, (4) respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe Think-PairSquare menggunakan Autograph positif ,(5) polajawaban siswa lebih bervariasi.Pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Square menggunakan Autograph baik digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika di sekolah yang memiliki fasilitas laboratorium komputer. Di era teknologi dan informasi ini sudah selayaknya pembelajaran matematika berbasis teknologi disosialisasikan penggunaanya dilembaga unit masing-masing sekolah yang memiliki fasilitas laboratorium komputer. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Square menggunakan Autograph hendaknya disesuaikan dengan mateli dimana siswa sulit untuk menyampaikan idenya seperti menyajikan sebuah fungsi kedalam bentuk grafik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510. 071 Sri p |
Keywords: | Autograph; Matematika; Pembelajaran kooperatif; Komunikasi matematis; Think-pair-square |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 10 May 2016 00:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3322 |