HANDAYANI, SRI (2018) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DENGAN TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA KELAS X PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR DI SMA NEGERI 1 BINJAI KABUPATEN LANGKAT T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4121131024 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 4121131024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
3. NIM. 4121131024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
4. NIM. 4121131024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
5. NIM. 4121131024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7. NIM 4121131024 TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
6. NIM. 4121131024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 4121131024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
9. NIM 4121131024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
13. NIM. 4121131024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 4121131024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dengan Group Investigation terhadap hasil belajar pada materi sitem periodik unsur di kelas X IPA SMA Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat tahun pelajaran 2017/2018. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X IPA sebanyak 4 kelas dan menggunakan sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 yang masing-masing kelas berjumlah 36 orang diambil secara random sampling (secara acak). Kelas X IPA 4 diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan Kelas X IPA 3 diajarkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar kimia siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dengan hasil belajar kimia siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Nilai siswa kelas eksperimen 1 rata-rata pre-test 63,02 ,nilai standar deviasinya 1,6 dan post-test 78,9 ,nilai standar deviasinya 9,71 sedangkan kelas eksperimen 2 rata-rata pre-test 51,64, nilai standar deviasinya 1,21 dan post-test 77,11, nilai standar deviasinya 6,39. Hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen 1 sebesar 78,9 lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen 2 sebesar 767,11. Perbedaan hasil belajar siswa diperoleh sebesar 1,79. Hasil uji statistik untuk data post-test menggunakan uji t dua pihak di peroleh thitung = 7,336 sedangan ttabel = 1,998 pada taraf signifikan 0,05, maka daerah krisis berada pada ttabel < -1,998 dan ttabel > 1,998. Hal ini menunjukkan thitung berada pada daerah krisis, maka Ho ditolak atau menerima Ha yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kimia siswa kelas X SMA yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 034 |
Keywords: | SNOWBALL THROWING , GROUP INVESTIGATION |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 10:37 |
Last Modified: | 15 Mar 2019 03:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33217 |